Resep Cara Membuat / Memasak Tumis Kangkung Dengan Bumbu Yang Mantap - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat / Memasak Tumis Kangkung Dengan Bumbu Yang Mantap

Resep Cara Membuat / Memasak Tumis Kangkung Dengan Bumbu Yang Mantap

Sudah tahu cara memasak tumis kangkung agar renyah?... BACA DISINI...

Resep tumis kangkung, saya yakin anda sering masak masakan yang satu ini. Mungkin dua atau tiga kali dalam satu Minggu, atau bahkan lebih. Tapi tidak ada salahnya karena kangkung memang bagus bagi tubuh dan rasanya juga enak. Jadi bagus dong, sering juga tidak apa apa.

resep tumis kangkung,cara memasak tumis kangkung,cara membuat tumis kangkung,cara tumis kangkung,bumbu tumis kangkung

Keseringan masak tumis kangkung di rumah menjadi ciri khas tersendiri. Misalnya rasanya khas masakan ibu di rumah enak dan mantap. Kami akan berbagi tips buat anda mengenai resep tumis kangkung. Tahukan anda bagaimana cara memasak tumis kangkung agar rasanya renyah?...

1. Jangan Di Belah
Pada umumnya ketika memasak kangkung kebanyakan ibu-ibu, pada batang kangkung masih di belah. Saya kurang tahu alasannya mengapa, mungkin agar lebih halus sehingga mudah untuk di makan. Namun, saran saya jangan dibelah biarkan saja tetap seperti itu hanya saja di potong agak pendek.
2. Pilih Kangkung Yang Bagus
Kangkung dengan kualitas bagus sangat diperlukan, mengingat kangkung yang jelek biasanya terdapat ulat / lintah di dalamnya sehingga pemilihan kangkung yang berkualitas sangat diperlukan.
3. Jangan Masak Terlalu Lama
Hal ini yang kebanyakan ibu-ibu lakukan, memasak kangkung dalam waktu yang lama akan merusak tekstur dan warna. Untuk menjaganya tetap renyah dan warnanya tetap segar coba masak sebentar saja yang penting matang.

Salah satu alasan memilih tumis kangkung adalah kangkung selain enak juga kaya akan nutrisi di dalamnya. Nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar tetap fit dan kesehatan tetap terjaga. Selain itu kangkung memiliki vitamin A, B1, Vitamin C serta kandungan gizi yang lain seperti kalsium, fosfor, protein dan zat besi. Jadi memang banyak sekali kandungannya.

resep tumis kangkung,cara memasak tumis kangkung,cara membuat tumis kangkung,cara tumis kangkung,bumbu tumis kangkung
Kangkung bisa dengan mudah anda dapatkan misalnya di pekarangan. Apabila anda juga rajin budi daya kangkung maka masak kangkung bisa setiap hari karena pertumbuhan kangkung begitu cepat.
Tumis kangkung menurut saya netral karena bisa di kombinasikan dengan beberapa bahan yang dibutuhkan seperti tempe, tahu, udang dan berbagai jenis sayuran atau daging yang lainnya. Tentu saja resep kangkung sangat laris dan banyak diminati oleh masyarakat terutama keluarga kita sendiri. Apalagi anda bisa mengolahnya dengan kreatif mungkin ditambah dengan terasi dan lain sebagainya.

Tentu anda sudah tidak sabar ingin segera masak kangkung, coba sesekali gunakan resep di bawah ini. Sengaja sharing karena memang saya lihat tumis kangkung yang saya temui kurang begitu menarik dan saya coba masak sendiri. Baca sampai habis, berikut bumbu tumis kangkung yang diperlukan.

Resep Tumis Kangkung

Bahan Ukuran
Kangkung disiangi 2 ikat
Tempe dipotong dadu dan goreng 150 gram
Daun salam 1 lembar
Lengkuas yang dimemarkan 2 cm
Garam 1/2 sendok teh
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Gula pasir 1/2 sendok teh
Minyak untuk menumis 2 sendok makan
Air 100 ml
Bumbu Halus
Bahan Ukuran
Cabai merah buah 3 buah
Bawang merah 3 butir
Bawang putih 2 siung
Terasi bakar 1/2 sendok teh

Cara Memasak Tumis Kangkung

  1. Siapkan minyak dan panaskan kemudian tumis bumbu yang sudah di haluskan di atas tambahkan juga daun salam, lengkuas kemudian tumis hingga wangi dan matang. selanjutnya masukkan tempe dan aduk perlahan beberapa lama hingga tercampur rata.
  2. Selanjutnya masukkan bahan utama yaitu kangkung. Aduk lagi perlahan hingga kangkung menjadi setengah matang. Tambahkan juga bumbu perasa seperti garam, gula pasir, merica dan garam. Aduk lagi.
  3. Beri sedikit air agar bumbunya meresap, bisa juga di ungkep / di tutup sebentar. Apabila matang bisa di angkat dan di sajikan.
Seperti itulah yang bisa saya sharing kepada anda tentang resep tumis kangkung. Sebagai catatan untuk masak tumis kangkung sebaiknya bumbunya di tumis hingga benar-benar harum agar mampu meresap dalam kangkung.

Tumis kangkung baiknya di makan dalam keadaan hangat dengan nasi putih. Dengan ditemani lauk-lauk pelengkap lainnya. Selain itu, ada yang berpendapat bahwa tumis kangkung mengandung zat besi seperti di atas maka sebaiknya setelah makan tumis kangkung jangan minum teh dan sejenisnya.

Usahakan minum seperti jeruk hangat, jus jeruk karena kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk dapat membantu penyerapan zat besi dari sayur kangkung.

Demikian sharing kali ini, sedikit tips buat anda tentang resep tumis kangkung dan bumbu tumis kangkung. Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil..

Artikel lain yang bisa anda coba seperti...
krengsengan daging sapi dan resep semur ayam