Resep Cara Membuat Sambal Terong Ungu - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Sambal Terong Ungu

Resep Cara Membuat Sambal Terong Ungu

Sambal jangan itu itu saja,, coba sambal terong maknyuss...

Aneka olahan sambal sudah begitu banyak jenisnya. Salah satu olahan yang bisa anda coba adalah sambal terong. Mungkin selama ini anda sering membuat sambal dengan menggunakan bahan daging atau hati sapi. Nah, untuk lebih berbeda anda bisa gunakan terong sebagai bahan utamanya. Sehingga dengan terong anda tidak akan bosan.

Untuk itu kami sajikan resep sambal terong, bagi anda yang suka pedas kami rekomendasikan sambal terong. Rasanya begitu mantap dan pas dengan adanya campuran terong sebagai bahan utamanya bisa membuat anda lahap. Selain itu sambal terong bisa di padukan dengan aneka lauk lainnya seperti sayuran, nasi dan lalapan lainnya.

sambal terong,resep sambal terong,cara membuat sambal terong

Mungkin selama ini anda jarang masak sambal terong. Cobalah, kami yakin anda pasti ketagihan karena enaknya sambal ini. Selain itu mudah di dapatkan dan di taman. Anda bisa membudidayakannya di pekarangan rumah. Bisa juga menggunakan polybag atau pot sehingga apabila berbuah bisa di panen sendiri.

Selain itu terong sangat mudah di dapatkan di pasar. Jadi apabila ke pasar jangan lupa untuk belanja terong untuk di sambal. Namun, tentu anda penasaran bagaimana resep sambal terong dan cara membuat sambal terong yang lezat ini.

Kami sengaja sharing pada artikel ini khusus bagi anda yang gemar mengkonsumsi sambal. Silakan simak dengan baik dan baca sampai habis.

Resep Sambal Terong

Bahan Ukuran
Terong ungu dipotong bulat 2 buah
Tahu putih dipotong kotak dan digoreng berkulit 1 buah
Udang api-api dibuang kepala 75 gram
Petai dikupas dan dibelah dua 20 buah
Cabai hijau besar diiris serong 2 buah
Daun salam 2 lembar
Daun jeruk dibuang tulang daunnya 5 lembar
Lengkuas dimemarkan 2 cm
Garam 1/2 sendok makan
Gula pasir 1 sendok teh
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Santan dari 1/4 butir kelapa 500 ml
Minyak untuk menumis 3 sendok makan
Bumbu Halus
Bahan Ukuran
Bawang merah 6 butir
Bawang putih 2 siung
Cabai merah besar 3 buah
Terasi dibakar 1 sendok teh

Cara Membuat Sambal Terong

  1. Siapkan minyak untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan di atas, daun salam, daun jeruk, cabe hijau dan lengkuas hingga layu dan harum.
  2. Terong yang sudah di bersihkan siap untuk dimasukkan tambahkan juga pete. Aduk perlahan hingga tercampur sempurna dan setengah layu. Tambahkan juga dengan garam, gula dan merica untuk rasanya. Aduk lagi.
  3. Tuangkan santan dan masukkan juga tahu, masak hingga matang. sambal terong siap untuk disajikan.
Rasa sambal terong begitu pas, sambal ini memang juara banget, sambalnya begitu terasa dan perpaduan antara rasa pedas dan manis membuat ketagihan. Tidak salah apabila anda menjadikannya sebagai pilihan sambal favorit. Untuk mendapatkan kualitas yang baik, gunakan terong yang masih segar tentunya. Alangkah baiknya anda panen sendiri di pekarangan rumah.

Oke sekian dulu tentang resep sambal terong. Semoga makan lebih lahap lagi, mantap. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Ada juga yang makyus lainnya...
resep bumbu urap dan resep terong balado