Resep Cara Membuat Kue Kamir Khas Pemalang Enak - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Kue Kamir Khas Pemalang Enak

Resep Cara Membuat Kue Kamir Khas Pemalang Enak

Salah satu kue fermentasi adalah kue kamir...

Kue kamir mengandung unsur nama arab, kalau di perhatikan kue kamir seperti nama arab yang tidak asing bagi kita. sebenarnya kue kamir atau kue khamir adalah kue khas dan tradisional asal Pemalang, Jawa Tengah yang mempunyai citarasa yang khas. Selain itu konon katanya pada jaman dulu kue khamir dibuat pertama kali oleh orang arab sehingga sampai saat ini dikenal dengan kue khamir arab.

Memang di sana terdapat perkampungan yang sebagian penduduknya atau orangnya adalah keturunan arab yang sering juga disebut kampung arab. Kue kamir juga di gemari oleh penduduk arab di sana sehingga tidak jarang juga dan sampai dibuat home industri atau industri rumahan. Namun, yang memproduksi kebanyakan bukan orang arab melainkan orang asli sana.

kue kamir,resep kue kamir,cara membuat kue kamir

Kue kamir mirip dengan kue doreyaki yang berasal dari Jepang, ciri khasnya terlihat pada bentuknya yang bundar dan pipih sehingga mirip dengan kue asal Jepang tersebut. selain itu juga mirip dengan kue serabi yang sering kita konsumsi.

Apabila anda bermain atau lewat di kota Pemalang dan sekitarnya maka akan mudah anda lihat dan temui kue kamir. Silakan coba rasa khasnya, mumpung anda ke sana biar tidak rugi juga dan bisa mencicipi lezatnya kue kamir. Kalau pada saat ini belum sempat kesana, kebetulan anda membaca artikel ini karena sengaja sharing tentang resep kue kamir.

Untuk membuat kue kamir kita memerlukan bahan utama dan bahan pendukung lainnya. Kue kamir di buat dengan tepung terigu, gula, mentega dan telur. Dalam memperkaya rasa yang terdapat campuran tape singkong.

Resep Kue Kamir

Bahan Ukuran
Tepung terigu protein tinggi 300 gram
Gula pasir halus 75 gram
Ragi instan 1 sendok teh / 4 gram
Tape singkong dihaluskan 250 gram
Telur 1 butir
Air 200 ml
Garam ½ sendok teh
Margarin dilelehkan 25 gram

Cara Membuat Kue Kamir

  1. Siapkan tempat untuk mencampur tepung terigu, gula pasir serta ragi instan. Selain itu tambahkan juga tepe singkong. Kemudian adonan tersebut di kocok perlahan bisa menggunakan mixer spiral yang ada di rumah.
  2. Selanjutnya masukkan bahan lainnya secara perlahan yaitu telur dan air. Tuang sedikit demi sedikit kocok hingga licin.
  3. Masukkan juga garam dan margarin yang sudah leleh. Kocok kembali hingga rata. Berikutnya adonan di diamkan kurang lebih hingga 20 sampai setengah jam agar mengembang.
  4. Selanjutnya siapkan cetakan kue lumpur yang akan di gunakan untuk kue kamir. Selanjutnya panaskan cetakan beri juga dengan minyak yang lumayan banyak.
  5. Adonan siap untuk di tuang penuh dalam cetakan. Biarkan panas, terlihat berkulit dan setengah matang. Apabila sudah terlihat seperti itu, balik adonan dan biarkan hingga matang.
  6. Kue kamir siap untuk disajiakan.
Adonan kue kamir ini untuk 26 buah, anda bisa menambahkan volume bahan sehingga bisa lebih banyak. Kue kamir mampu bertahan hingga 2 sampai 3 hari, namun apabila anda ingin menyimpannya lebih lama bisa di masukkan dalam alat pendingin seperti kulkas. Untuk cetakannya bisa menggunakan cetakan yang sering digunakan untuk membuat carabikang atau kue lumpur.

Demikian tips kali ini untuk resep kue kamir, silakan di coba apabila anda tertarik. Semoga artikel ini dapat memenuhi keinginan anda dalam membuat kue kamir selama ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga resep lainnya...
cara membuat es dawet dan resep kue cubit