Resep Cara Membuat Bakwan Jagung - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Bakwan Jagung

Resep Cara Membuat Bakwan Jagung

Bakwan jagung, bisa disebut juga dengan perkedel jagung. Bakwan sebuah gorengan yang berisi sayuran yang kemudian dicampur dengan bumbu dan tepung. Bakwan merupakan makanan yang sederhana karena mudah untuk dibuat dan bisa kita temukan di sekitar kita. Seperti di penjual gorengan. Harganya juga relatif terjangkau serta banyak disukai oleh masyarakat karena memang rasanya enak.

Biasanya bakwan dimakan ketika nongkrong atau berkumpul bersama teman-teman. Bakwan bisa menjadi salah satu alternatif kita atau penolong ketika kita sedang kelaparan dan juga uang pas-pasan. Mungkin ketika kita lapar kita membeli gorengan namun di antara salah satu gorengan yang kita pilih pasti ada bawaan.

resep bakwan jagung,resep bakwan,cara membuat bakwan jagung,cara membuat bakwan,bakwan jagung

Membuat bakwan merupakan hal yang mudah walaupun bahan-bahannya bervariasi tetapi tidak rumit. Tanpa harus mempunyai ide kreativitas yang penting mau jalan dan mau buat bakwan maka bakwan sudah terbuat. Bakwan sebenarnya berasal dari China kalau kita cari di Wikipedia maka akan muncul artinya. Bak berasal dari kata daging kalau di Jawa Timur Indonesia.

Ketika bicara bakwan maka yang muncul di benak kita adalah bakwan yang merujuk pada pangsit goreng. Isinya tepung daging atau ikan yang sudah digiling kemudian bakwan disajikan bersama tahu bakso di dalam kuah kaldu sapi. Hidangan ini sering disebut juga dengan bakwan Malang atau bakwan Surabaya.

Kali ini kita akan membuat bakwan yang sedikit berbeda yaitu bakwan jagung bakwan jagung. Bakwan yang dibuat menggunakan bahan jagung. Seperti apa, resep bakwan penasaran....

Resep Bakwan Jagung

Bahan Ukuran
Jagung manis yang di dipipil 3 buah
Jagung manis yang sudah di diparut 2 buah
Telur yang sudah di kocok 1 butir
Santan dari 1/4 butir kelapa 75 mili liter
Seledri yang diiris halus 1 tangkai
Daun bawang yang diiris tipis 1 batang
Minyak goreng secukupnya
Tepung terigu 100 gram
Tepung sagu 15 gram
Bumbu dihaluskan
Bahan Ukuran
Bawang putih 2 siung
Bawang merah 2 butir
Garam 3/4 sendok teh
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Gula pasir 1/2 sendok teh
Ketumbar 1 sendok teh
Cabai merah keriting 2 buah

Cara Membuat Bakwan Jagung

  1. Sediakan tempat untuk mengolah adonan bakwan jagung, campur beberapa bahan yang sudah disiapkan antara lain jagung manis, tepung sagu, jagung manis yang sudah di pipil dan tepung terigu. Aduk adonan hingga merata secara keseluruhan.
  2. Selanjutnya masukkan beberapa bahan lainnya seperti seledri, santan, daun bawang, telur dan bumbu halus di atas. Aduk kembali hingga merata.
  3. Selanjutnya tahap penggorengan. Untuk menggoreng bakwan siapkan minyak di atas kompor terlebih dahulu. panaskan dengan api sedang agar tidak mudah gosong. Masukkan adonan pada wajan bentuk bulatan. Goreng hingga matang.
  4. Bakwan sudah masak dan siap untuk di hidangkan.

Bakwan begitu menggoda selera, walaupun cara pembuatannya cukup simpel namun rasanya maknyus.. anda pasti tertarik untuk mencobanya. Dengan beberapa langkah saja bakwan sudah bisa dihidangkan. demikian tips kali ini tentang bakwan jagung semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Coba juga resep lezat yang satu ini..
ayam bakar bumbu rujak dan resep ayam bakar taliwang