Resep Pepes Jamur: 4 Langkah Cara Membuat Pepes Dengan Jamur Tiram - RESEP DAPUR KOKI

Resep Pepes Jamur: 4 Langkah Cara Membuat Pepes Dengan Jamur Tiram

Resep Cara Membuat Pepes Jamur Tiram Enak

Sebagian orang menjadikan pepes jamur sebagai makanan/lauk favorit. Mungkin Anda juga masuk dalam kategori ini karena memang pepes jamur enak sehingga Anda sulit untuk menolaknya.

Pepes menurut saya tergolong makanan yang praktis, mengapa begitu?... pepes di bungkus kecil-kecil dengan menggunakan daun pisang kemudian ketika ingin makan maka tinggal ambil saja satu bungkus pepes jamur begitu praktis.

Selain itu, pepes jamur sangat cocok untuk Anda yang mempunyai aktifitas padat sehingga sibuk dan tidak terlalu punya banyak waktu untuk memasak. Salah satu solusinya yaitu dengan selalu menyediakan pepes jamur di kulkas.

resep pepes jamur

Ketika Anda menyimpan pepes jamur sesekali waktu ingin makan maka tinggal menghangatkannya saja/mengkukusnya kembali sebenatar saja, setelah itu tinggal makan. Pepes jamur memang sudah sejak lama ada yang sering saya lihat pepes jamur menggunakan jamur tiram sebagai bahan utamanya.

Anda mungkin bisa berkreasi dengan di campur bahan-bahan lainnya sehingga lebih banyak variannya. Walaupun terlihat sederhana namun jangan diremehkan soal rasanya. Anda yang mencoba pepes jamur akan ketagihan mungkin ketika ambil satu Anda akan nambah lagi untuk makan berikutnya dua, tiga bahkan sampai lima bungkus pepes jamur.

Karena pepes jamur di bungkus dengan menggunakan daun pisang dan di dalamnya menggunakan daun salam maka rasa dan aromanya lebih terasa. Sehingga memang makanan yang satu ini layak untuk di coba.

Ngomong-ngomong soal pepes jamur apakah Anda juga sering membuatnya dirumah?... kalo belum ayo coba pasti Anda akan ketagihan. Cara membuatnya juga sangat mudah dan praktis. Butuh tiga langkah saja pepes jamur sudah siap untuk dihidangkan. Untuk itu simak detail langkah-langkah membuat pepes jamur berikut ini.

Resep Pepes Jamur

Bahan-bahan/ Bumbu-bumbu:
Bahan Ukuran
Jamur tiram disuwir 300 gram
Bawang merah diiris halus 4 butir
Bawang putih diiris halus 2 siung
Cabai hijau besar diiris bulat 2 buah
Daun salam disobek-sobek 3 lembar
Santan kental instan 50 ml
Daun pisang untuk membungkus Secukupnya
Bumbu Halus:
Bahan Ukuran
Bawang merah 6 butir
Bawang putih 3 siung
Kemiri sangrai 3 butir
Garam 2 sendok teh

Cara Membuat Pepes Jamur

  1. Campur dan aduk jamur tiram, bawang merah, bawang putih, cabai hijau, daun salam, dan santan.
  2. Selanjutnya bungkus pepes dengan daun pisang. Kemudian sematkan dengan lidi.
  3. Setelah semuanya siap waktunya untuk mengkukus di atas api. Kurang lebih untuk proses pengkukusan membutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga matang.
  4. Angkat dan sajikan untuk pendamping makan.

Sangat simpel dan mudah bukan. Butuh alasan apalagi untuk tidak mencoba pepes jamur yang satu ini. Sudah kelihatan dari aromanya ketika di angkat dari tempat kukusan.

Saya yakin Anda pasti sudah tidak sabar ingin segera mencobanya. Ambil beberapa untuk dihidangkan untuk sisanya Anda bisa simpan dalam lemari es/kulkas untuk hari berikutnya.

Langsung dimakan juga bisa atau kalau yang tidak suka dingin di hangatkan sebentar menggunakan kukusan, angkat dan sajikan. Demikian sharing kali ini semoga pepes jamur ini bisa memberi inspirasi untuk sajian Anda sehari-hari. Terima kasih..