Resep Cara Bikin / Membuat Nasi Kebuli Enak - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Bikin / Membuat Nasi Kebuli Enak

Resep Cara Bikin / Membuat Nasi Kebuli Enak

Apabila anda ingin menikmati nasi dengan cita rasa gurih anda bisa mencoba resep nasi kebuli. Nasi kebuli merupakan kombinasi antara nasi, daging kambing dan beberapa bahan pendukung lainnya..

Rasa gurihnya memang menggugah selera yang dihasilkan dari santan. Sebelum anda mulai mencoba resep ini setidaknya anda harus mengerti asalnya terlebih dahulu. Kebanyakan dari kita pada saat ini hanya bisa makan saja yang penting enak..

Padahal setelah di gali lebih dalam banyak makanan khas yang berasal dari Indonesia yang enak-enak dan juga cara bikin nasi kebuli yang enak..

Sebenarnya nasi kebuli ini populer di Jakarta, tepatnya warna Betawi dan warga keturunan arab yang berada di Indonesia..

Resep Cara Bikin / Membuat Nasi Kebuli Enak

Resep Cara Bikin / Membuat Nasi Kebuli Enak

Sehingga nasi kebuli pada saat ini telah meluas dan di kenal oleh masyarakat di berbagai daerah seperti Surabaya, Gresik dan beberapa kota besar lainnya..

Di mana ada banyak keturunan arab biasanya nasi kebuli hadir di sana. Tidak menutup kemungkinan anda juga bisa menikmatinya walaupun tidak berada dekat dengan mereka..

Karena nasi kebuli memang pantas untuk kita coba maka saya akan berbagi dengan anda bagaimana cara membuat nasi kebuli. Terbayang aromanya yang sangat khas membuat perut jadi lapar kembali Hehe...

Resep Nasi Kebuli

Bahan Ukuran
Daging kambing dipotong kecil sekitar 2cm 200 gram
Air 500 ml
Daun salam 2 lembar
Cengkeh 3 butir
Jahe di memarkan 2 cm
Bahan:
Bahan Ukuran
Beras 300 gram
Kayumanis 4 cm
Cengkeh 3 butir
Pala di memarkan 1/4 butir
Pekak 1 buah
Kapulaga 2 butir
Serai diambil putihnya kemudian di memarkan 1 batang
Daun jeruk di buang tulangnya 4 lembar
Daun salam 1 lembar
Garam 1 sendok teh
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Santan yang dibuat dari 1/2 butir kelapa 600 ml
Minyak untuk menumis 1 sendok makan
Bumbu Halus:
Bahan Ukuran
Bawang merah 4 butir
Bawang putih 2 siung
Ketumbar 1 sendok teh
Jintan 1/2 sendok teh
Adas 1/4 sendok teh
Kunyit dibakar 3 cm
Jahe 1 cm
Bahan Pelengkap:
Bahan Ukuran
Kismis 50 gram
Bawang merah goreng 2 sendok makan

Cara Membuat Nasi Kebuli

  1. Siapkan air untuk merebus daging kambing, kemudian masukkan daun salam, cengkeh, serta jahe hingga matang. Apabila sudah, airnya dibuang.
  2. Selanjutnya panaskan minyaknya untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan, kayu manis, daun jeruk, serai, pala, cengkeh, pekak, kapulaga serta daun salam hingga layu dan wangi. Setelah itu tambahkan daging kambingnya. Aduk perlahan hingga merata.
  3. Santan dimasukkan dan di aduk secara perlahan. Jangan lupa untuk menambahkan merica bubuk serta garam. Masaklah hingga mendidih, kemudian tambahkan beras dan masak hingga matang sampai meresap.
  4. Tahap terakhir yaitu proses pengkukusan, kukus di atas api sedang kurang lebih setengah jam atau hingga matang. Beri tambahan kismis serta bawang goreng..
Aroma rempah-rempahnya begitu kuat sehingga terasa sedapnya. Hidangan timur tengah yang nikmat ini tidak boleh terlewatkan begitu saja. Bagaimana dengan resep nasi kebuli anda, apakah sudah matang?...

Hidangan nasi kebuli akan terasa lebih nikmat dan pas apabila disajikan lengkap dengan bahan pelengkapnya. Biasanya disajikan dengan daging kambing goreng, emping, acar, ayam goreng serta irisan kurma / kismis. Begitu spesial, ayo pastikan anda juga mencobanya..

Resep Nasi Gila