Resep Cara Membuat Semur Malbi Dengan Bumbu Yang Gurih - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Semur Malbi Dengan Bumbu Yang Gurih

Resep Cara Membuat Semur Malbi Dengan Bumbu Yang Gurih

Resep malbi merupakan olahan semur yang sangat khas dari kota Palembang dan Sumatera. Memang malbi masih belum menyebar ke daerah-daerah di Indonesia. Sebagai bukti, bisa anda lihat di rumah makan jarang sekali yang menyajikan menu ini. Namun, makanan ini sudah dikenal karena banyak juga di bahas di media dan internet.

Malbi cocok bagi anda yang ingin mencicipi makanan khas dengan cita rasa tradisional. Dengan perpaduan bumbu malbi yang pas membuat malbi gurih. Hal ini bisa menambah selera makan anda yang sudah loyo menjadi bersemangat lagi. Rasa gurihnya lebih kuat daripada manisnya walaupun menggunakan kecap manis sebagai dalam bahannya.

resep malbi, bumbu malbi, cara membuat malbi

Resep malbi ini marak sekali dibuat ketika menjelang perayaan-perayaan besar seperti idul Adha. Pada hari itu biasanya banyak sekali daging untuk di olah. Malbi sendiri menggunakan daging sapi sengkel yang di potong berbentuk dadu.

Apabila anda ingin menikmati malbi yang memang khas silakan bisa ke Palembang. Karena dari sanalah malbi berasal. Namun, bagi anda yang penasaran dengan resep malbi ikuti resep berikut untuk di coba di rumah.

Resep Malbi

Bahan Ukuran
Daging sapi sengkel di potong dadu 3x3 cm 500 gram
Serai dimemarkan 2 batang
Daun salam 2 lembar
Garam 1 sendok teh
Kecap Manis 3 sendok makan
Santan terbuat dari 1/2 butir kelapa 500 ml
Air asam (terbuat dari 1 sendok teh asam jawa dan 1 sendok makan air) 2 sendok teh
Minyak untuk menumis 2 sendok makan
Bumbu halus
Bahan Ukuran
Bawang merah 5 butir
Jahe 2 cm
Bawang putih 4 siung
Lengkuas 2 cm
Lada putih bubuk 1/2 sendok teh

Cara Membuat Malbi

  1. Agar daging empuk harus di rebus terlebih dahulu. Jadi rebus terlebih dahulu daging sengkel hingga matang. Angkat dan sisihkan.
  2. Selanjutnya panaskan minyak untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan serai dan daun salam. Kemudian tambahkan juga daging sengkel dan aduk rata.
  3. Santan di tuang secara perlahan sambil di aduk. Jangan lupa tambahkan kecap manis serta garam aduk rata hingga bumbu meresap dan matang sempurna.
  4. Masukkan juga air asam aduk dan angkat. Semur malbi siap untuk dihidangkan.
Apabila malbi sudah matang, anda bisa menyajikannya dengan mangkuk canting. Sudah tidak sabar ingin mencicipi malbi yang khas dan membangkitkan selera ini. Baiknya dalam penyajiannya suguhkan dalam keadaan masih panas karena kalo sudah dingin kurang sempurna.

Sebenarnya resep malbi pada saat ini sering kali disajikan pada acara hajatan atau kenduri. Pendamping yang pas untuk malbi ini adalah lontong dan ketupat. Semoga anda dan keluarga juga menyukainya. Selamat mencoba dan semoga menjadi inspirasi dapur anda.