Resep Cara Membuat Tempe Bakar Kecap Manis - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Tempe Bakar Kecap Manis

Resep Cara Membuat Tempe Bakar Kecap Manis

Berbicara mengenai tempe, makanan yang satu ini sangat memasyarakat sekali. Hampir semua tahu dengan tempe. Tempe paling sering disajikan untuk masakan sehari-hari. Bisa di olah menjadi berbagai menu tempe spesial. Pada umumnya, tempe di goreng kemudian di sajikan begitu saja. Selain itu tempe bisa di sayur, di bacem, tempe penyet, kering tempe dan dibuat tempe bakar.

Tempe bakar baru-baru ini mulai populer, kepopulerannya sudah menyebar ke berbagai daerah. Sebenarnya, tempe bakar merupakan salah satu kuliner khas yang berasal dari kota Tulungagung. Tempe yang di bakar di atas api kemudian di padukan dengan bumbu olahan yang spesial.

tempe bakar, resep tempe bakar, cara membuat tempe bakar

Tempe sudah menjadi warisan kuliner di negeri dan menjadi makanan tradisional yang sudah ada sejak dulu. Pada dasarnya tempe yang enak ini terbuat dari kedelai yang di fermentasi sehingga menjadi tempe. Selain itu, tempe enak dan terjangkau makanan ini sering di identikkan dengan makanan kelas menengah ke bawah.

Kuliner tempe bakar ini sangat digemari bahkan ada yang menjadikannya sebagai hidangan favorit mereka. Bagi anda yang tidak ingin ketinggalan silakan di coba di dapur kesayangan anda. Tempe bakar menjadi salah satu alternatif untuk variasi masakan tempe yang lebih mantap.

Resep Tempe Bakar

Bahan Ukuran
Tempe 1 potong
Bumbu dihaluskan
Bahan Ukuran
Bawang putih 1 siung
Ketumbar 1 sendok teh
Garam Secukupnya
Bumbu oles
Bahan Ukuran
Kecap manis 4 sendok makan
Tomat 2 buah
Cabe rawit 5 biji
Bawang merah 2 siung
Bawang putih 1 siung
Minyak kelapa 1 sendok makan

Cara Membuat Tempe Bakar

  1. Haluskan bumbu di atas dan beri air secukupnya.
  2. Tempe di iris sesuai keinginan kemudian beri bumbu yang sudah dihaluskan.
  3. Goreng tempe hingga berwarna kecokelatan, gunakan api sedang agar tidak mudah gosong. Kemudian tiriskan.
  4. Siapkan bumbu oles kemudian iris dan jadikan sepatu dengan kecap serta minyak kelapa.
  5. Tempe yang telah di goreng tadi di masukkan pada bumbu oles kurang lebih 10 menit.
  6. Kemudian bakar tempe, sesekali olesi dengan bumbu oles yang telah di buat.
  7. Sajian tempe pedas manis siap menjadi hidangan.

Anda bisa berkreasi dengan kreativitas anda dalam memasak tempe misalnya melengkapinya dengan sambal tomat yang segar. Sehingga tempe bakar pedas manis ini lebih maknyus..

Hidangan istimewa ini baiknya di makan bersama-sama berkumpul menikmati hidangan yang di masak bersama. Lebih ramai dan lebih hidup suasananya. Aroma tempe bakar lebih kuat dan terasa banget sehingga tidak sabar ingin segera menyantapnya. Sajian sederhana, terjangkau dan istimewa ini perlu di catat agar tidak lupa. Selamat mencoba dan semoga berhasil..