Resep Masakan Ikan Salem Goreng Bumbu Kecap - RESEP DAPUR KOKI

Resep Masakan Ikan Salem Goreng Bumbu Kecap

Resep Masakan Ikan Salem Goreng Bumbu Kecap

Ikan salem, apabila anda sering kepasar tentu pernah membeli ikan ini. Ikan yang kerap kali disebut ikan salmon ini mempunyai gizi yang tinggi. Sehingga apabila anda memilih ikan jenis ini akan menambah konsumsi gizi setiap harinya.

Tidak jarang anda membeli kemudian di olah dengan beragam bumbu ikan salem dirumah. Banyak sekali jenis olahan ikan salem seperti di bumbu balado, di bakar bahkan digoreng yang akan kita bahas pada kesempatan ini.

ikan salem, resep ikan salem, resep masakan ikan salem

Ikan salem merupakan pilihan tepat bagi anda yang ingin lebih sehat. Banyak manfaat yang di dapat dari resep ikan salem seperti perbaikan tulang, fungsi otak lebih baik, mengurangi resiko jantung juga dan banyak lagi.

Selain itu ikan salem mudah di cerna bagi tubuh. Bagi anda yang ingin mengkonsumsi ikan ini dan bingung mau di masak apa. Kami bagi tips spesial resep masakan ikan salem digoreng dan di bumbu kecap.

Resep ikan salem ini akan memberikan rasa spesial dengan bumbu yang meresap dalam daging ikan. Silakan anda siapkan bahannya seperti berikut ini.

Resep Ikan Salem

Bahan Ukuran
Ikan salem segar 1 kg
Cabe merah besar di iris iris 3 buah
Tomat buah ukuran agak besar di potong kecil-kecil 2 buah
Kecap manis 2 sendok makan
Lengkuas yang di keprek 1 ruas jari
Bawang merah di iris 7 siung
Jahe di keprek 1 ruas
Garam sesuai selera ½ sendok makan
Bawang putih di iris 3 siung
Gula pasir ½ sendok teh
Air / seperlunya ½ liter

Cara Membuat Ikan Salem

  1. Pertama bersihkan dulu ikannya dengan cara membuang duri ikan. Siapkan minyak dan goreng ikan hingga matang. Angkat kemudian tiriskan.
  2. Bumbu di atas yang sudah di iris kemudian di tumis. Setelah agak layu masukkan juga jehe dan lengkuas hingga harum. Masukkan ikan salem dan tambahkan air secukupnya.
  3. Tambahkan beberapa bumbu perasa seperti garam, gula, tomat dan kecap manis. Aduk rata usahakan dalam memasak ikan salem ini menggunakan api kecil. Agar bumbu meresap sempurna.
  4. Setelah kuahnya tinggal sedikit angkat dan siap untuk di sajikan.
Ikan salem selain enak juga mempunyai nilai manfaat yang besar terhadap kesehatan kita. Hal ini bisa di jadikan prioritas dalam memasak. Jangan asal masak matang dan makan karena kita juga butuh gizi.

Aroma, warna dan rasanya begitu memikat dan tidak jarang anda melirik dan ingin segera menyantapnya. Bagi anda yang sudah tidak sabar jangan terburu-buru makan. Ambil nasinya dulu kemudian makan bersama keluarga pasti tambah nikmat. Sekian tips kali ini tentang memasak ikan salem. Semoga menjadi inspirasi harian dapur tercinta. Sampai jumpa lagi di postingan berikutnya.