Resep Ikan Bawal Bakar Bumbu Kecap Manis - RESEP DAPUR KOKI

Resep Ikan Bawal Bakar Bumbu Kecap Manis

Resep Ikan Bawal Bakar Bumbu Kecap Manis

Kalau selama ini yang sering dibuat ikan bakar adalah ikan gurame maka coba kali ini ganti dengan ikan bawal. Kalau ikan gurame bakar anda sudah sering sekali menikmatinya atau jangan-jangan belum pernah makan.

Memilih ikan bawal untuk di bakar dengan alasan sudah terlalu sering bakar ikan lainnya. Selain itu ingin ganti suasana baru. Terlebih lagi ikan bawal memang mempunyai nilai gizi yang tinggi jadi memang baik sekali untuk di konsumsi.

ikan bawal, resep ikan bawal, resep ikan bawal bakar

Salah satu keunggulan ikan bawal dari ikan lainnya yaitu mempunyai duri yang sedikit. Jadi memang kebanyakan orang menyukai dan memilih ikan ini karena durinya. Karena duri yang dihasilkan sedikit maka dagingnya juga banyak. Apalagi anda yang memang takut sama duri ikan yang kadang terselip di sela-sela gigi cocok mengkonsumsi ikan bawal bakar.

Bagi anda yang ingin membakar ikan bawal resep ini bisa di catat ataupun bisa menjadi rekomendasi. Silakan siapkan semua bahan untuk memasak ikan asal hawai ini. Apabila sudah siap untuk di bakar, berikut tipsnya agar ikan bawal matang dengan sempurna.

Resep Ikan Bawal

Bahan Ukuran
Ikan bawal bersihkan 3 ekor
Garam 1 sendok teh
Air jeruk nipis 2 sendok makan
Kecap Manis 100 ml
Bumbu Olesan, kemudian dihaluskan :
Bahan Ukuran
Cabai merah 4 buah
Bawang putih 3 siung
Cabai rawit 2 buah
Bawang merah 2 butir
Merica butiran ½ sendok teh
Garam 1 sendok teh

Cara Membuat Ikan Bawal Bakar

  1. Ikan bawal dalam keadaan bersih. Hilangkan sisik dan isi perut ikan dan potong-potong menjadi 2 bagian. Pada bagian ikan di beri kerat-kerat yang agak rapat. Tujuannya agar bumbu meresap dalam daging ikan.
  2. Renda terlebih dahulu ikan bawal dalam perasan air jeruk nipis dan garam hingga rata. Diamkan agar larutan dan ikan bereaksi kurang lebih hingga setengah jam.
  3. Bumbu yang sudah dihaluskan kemudian dicampur dengan kecap manis hingga rata.
  4. Olesi ikan dengan bumbu tersebut kemudian diamkan sebentar biar agak meresap.
  5. Selanjutnya proses pembakaran ikan yaitu dengan menyiapkan api kemudian bakar ikan hingga matang dan kering.
  6. Apabila sudah matang ikan bawal siap di angkat dan di sajikan.
Resep ikan bawal sudah matang dan siap untuk di santap. Salah satu cara untuk menyantap ikan ini yaitu dimakan bersama nasi hangat serta lalapan. Usahakan ikuti resep ini karena memang sudah di antisipasi agar ikan bawal lebih nikmat.

Ikan bawal biasanya bau tanah maka kita bisa merendam dengan air jeruk nipis yang dicampur dengan garam seperti di atas. Dibutuhkan waktu yang agak lama tujuannya menetralisir amis pada ikan. Semoga tips resep ikan bawal bakar ini bisa menjadi rekomendasi yang pas bagi anda.