Resep Cara Membuat Semur Jengkol Kecap Bumbu Spesial Enak - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Semur Jengkol Kecap Bumbu Spesial Enak

Resep Cara Membuat Semur Jengkol Kecap Bumbu Spesial Enak

Semur jengkol, makan yang satu ini memang khas. Hal pertama ketika ingat resep semur jengkol adalah baunya.

Karena bau semur jengkol yang khas ini sebagian orang tidak suka. Dan sebaliknya ada juga yang menjadikannya sebagai makanan favorit walaupun bau.

Entah mengapa demikian namun yang pasti rasanya tidak bisa disamakan dengan baunya. Bagi anda yang memang pecinta semur jengkol pastinya sudah tahu itu.

Semur jengkol pada umumnya bisa di temui di beberapa tempat seperti warung / warteg di pinggir jalan yang memang menyajikan menu semur jengkol.

semur jengkol, resep semur jengkol, cara membuat semur jengkol, bumbu semur jengkol, cara memasak semur jengkol

Memang kebanyakan mereka sudah tahu cara membuat semur jengkol yang spesial. Namun, ada juga yang belum tahu dan kami sharing sedikit tips bagi anda yang ingin mengolah resep semur jengkol. Bagi anda yang belum tahu silakan simak postingan ini hingga habis.

Kami coba mengolah semur jengkol dengan perpaduan bumbu yang pas agar rasanya juga enak dan spesial. Kami tambahkan kecap manis untuk rasa yang lebih spesial. Selain itu kami coba buat semur jengkol ini pedas dan kering agar penampilannya lebih strong.

Jadi bagi anda yang tergolong dalam vegetarian juga cocok untuk menikmati semur jengkol. Resep semur jengkol ini di biarkan di panci hingga kering dan warnanya menjadi coklat sempurna. Tentu bagi anda yang sudah penasaran dari tadi silakan siapkan bahannya apa saja bisa dilihat di bawah ini.

Resep Semur Jengkol

Bahan Ukuran
Jengkol yang direndam dalam air dingin selama 3 hari dan setiap hari airnya diganti dengan yang baru. Selanjutnya direbus dalam air panas selama 15 menit kemudian tiriskan dan memarkan 500 gram
Bawang merah diiris halus 6 butir
Daun salam 4 lembar
Lengkuas dimemarkan 2 cm
Kecap Manis 10 sendok makan
Serai dimemarkan 3 batang
Lada putih bubuk 1/4 sendok teh
Garam 1/2 sendok teh
Pala bubuk 2 sendok teh
Air 800 ml
Minyak goreng untuk tumisan 2 sendok makan
Bumbu Halus
Bahan Ukuran
Bawang merah 6 butir
Cabe keriting merah 5 buah
Bawang putih 3 siung

Cara Membuat Semur Jengkol

  1. Bumbu yang sudah dihaluskan di tumis dengan irisan bawang merah, serai, lengkuas serta daun salam hingga wangi harum.
  2. Jengkol yang sudah dimemarkan kemudian dimasukkan dan di aduk merata.
  3. Berikutnya tambahkan kecap manis, pala bubuk, garam, serta lada putih bubuk. Semuanya aduk rata hingga jengkol tercampur dengan kecap.
  4. Bisa menambahkan air sedikit demi sedikit kemudian biarkan hingga mengering. Dan sudah terlihat mengering angkat dan siap untuk di sajikan.
Semur jengkol pedas dan kering seperti itu terlihat begitu spesial dan enak. Jangan sungkan, silakan coba saja. Jangan-jangan anda sudah berencana membuatnya nanti. Tidak perlu di tunda apabila memang kurang suka dengan daging semur jengkol bisa menjadi pilihan cerdas.

Begitu sederhana dan rasanya sudah pasti enak. Sisakan buat suami di rumah pasti dia merasa diperhatikan dengan semur jengkol kesukaannya. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat serta inspirasi dapur anda setiap harinya. Semoga berhasil..