Resep Cara Membuat Ayam Suwir Bumbu Kecap Enak - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Ayam Suwir Bumbu Kecap Enak

Resep Cara Membuat Ayam Suwir Bumbu Kecap Enak

Ayam suwir menjadi salah satu makanan yang banyak diminati masyarakat. Pada umumnya resep ayam suwir ini populer dan menjadi trend makanan pesta. Tidak jarang kita lihat sewaktu ada acara pesta, hajatan dan sejenisnya terdapat ayam suwir.

Namun, seiring perkembangannya ayam suwir sudah menjadi umum dan sekarang sering kita lihat di restoran dan masakan rumahan. Siapa tahu anda juga berminat dengan ayam suwir untuk sajian keluarga tercinta.

ayam suwir, resep ayam suwir, cara membuat ayam suwir

Olahan ayam memang banyak sekali jenisnya. Yang paling sering adalah ayam goreng, ayam bakar dan umumnya ayam yang di potong dan di goreng begitu saja kemudian di sajikan. Kebanyakan olahan ayam yang disajikan bersama dengan tulang ayam.

Berbeda dengan ayam suwir jadi tulangnya sudah di pisahkan dari dagingnya sehingga makan ayam suwir menjadi lebih mudah. Tidak perlu lagi memisahkan antara tulang dengan dagingnya tinggal makan langsung mantap.

Proses pembuatan ayam suwir ini di rebus terlebih dahulu tujuannya agar ayam menjadi empuk. Selain itu mudah untuk di suwir menjadi potongan kecil-kecil dan di olah dengan bumbu yang sudah siap. Ayam suwir pun menjadi hidangan rumahan yang begitu sempurna dan cocok disantap bersama dengan keluarga. Rasanya bumbunya begitu menggoda kami yakin semua keluarga pasti suka.

Resep Ayam Suwir

Bahan Ukuran
Daging dada ayam 300 gram
Daun salam 2 lembar
Air 1 liter
Bawang merah di haluskan 4 siung
Bawang putih di haluskan 3 siung
Lengkuas di memarkan 2 cm
Daun salam 2 lembar
Garam 1 sendok teh
Santan 150ml
Gula pasir 1 sendok teh
Lada bubuk 1/4 sendok teh
Kecap Manis Pedas Gurih 4 sendok makan
Minyak untuk menumis 2 sendok makan

Cara Membuat Ayam Suwir

  1. Masak air hingga mendidih untuk merebus dada ayam. Tambahkan daun salam dan biarkan daging empuk hingga matang. apabila sudah angkat daging kemudian tiriskan dan suwir-suwir kecil.
  2. Siapkan dan panaskan minyak goreng untuk menumis bawang merah serta bawang putih halus, masukkan daun salam serta lengkuas hingga wangi.
  3. Ayam yang sudah disuwir tadi kemudian dimasukkan aduk-aduk sempurna.
  4. Berikutnya tambahkan kecap manis pedas dan gurih, santan, lada serta garam kemudian aduk kembali.
  5. Untuk memasak ayam suwir ini gunakan api kecil agar matang sempurna. Aduk sesekali hingga kering. Apabila sudah matang angkat dan siap di sajikan bersama nasi putih masih hangat.
Selesai sudah resep ayam suwir dan cara membuat ayam suwir yang spesial. Sajian ini penting untuk di catat agar nantinya anda tidak lupa. Walaupun olahan ini sangat sederhana namun mampu membuat anda dan keluarga tidak sabar. Selamat mencoba dan semoga berhasil...