Resep Cara Membuat Gulai/Gule Kambing - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Gulai/Gule Kambing

Resep Cara Membuat Gulai/Gule Kambing

Gulai kambing sering kali menjadi pilihan masyarakat kita ketika sudah menghadapi perayaan idul Adha. Karena memang pada saat itu daging kambing dan daging sapi sangatlah melimpah. Sudah tentu ibu-ibu ingin mengolahnya secara maksimal agar tidak sampai dibuang. Dan salah satu pilihan paling banyak yaitu resep gulai kambing.

Walaupun begitu identik dengan perayaan karena banyaknya daging kambing bukan berarti kita tidak bisa masak gule kambing pada hari-hari biasa. Tentu saja sangat bisa apalagi salah satu anggota keluarga bahkan semua keluarga kita sangat suka dengan gulai kambing.

Sebenarnya untuk membuat gulai tidak hanya berpaku pada daging kambing. Daging-daging lainnya juga bisa di buat gule seperti ayam, sapi dan sejenisnya. Akan tetapi penggunaan daging kambing untuk di buat gule sangatlah pas. Karena aroma daging kambing sangat khas dan ketika di makan terasa sekali nikmat serta aromanya itu.

gulai kambing, gule kambing, resep gulai kambing, resep gule kambing, cara membuat gulai kambing

Tentu saja untuk membuat gulai kambing dengan kualitas terbaik anda juga harus pintar memilih daging. Pilihlah daging yang masih segar kalau bisa baru di sembelih jadi masih fresh dan hasilnya juga sempurna.

Sekarang untuk membuat gulai kambing sangatlah mudah dan praktis. Seperti yang anda lihat ketika pergi ke pasar bumbu gulai sudah siap di kemas praktis. Jadi anda tinggal beli saja kemudian di olah dengan daging kambing segar yang anda beli. Namun, bagi anda yang ingin belajar atau ingin membuat gulai kambing sendiri anda bisa pelajar pada artikel ini. Silakan di baca, di praktekkan hingga akhir artikel ini.

Resep Gulai Kambing

Bahan Ukuran
Daging kambing 500 gram
Air 2 liter
Iga kambing di potong-potong 500 gram
Daun jeruk 3 lembar
Serai di memarkan 1 tangkai
Daun kunyit ikat 1 lembar
Daun salam 2 lembar
Asam kandis 2 butir
Santan terbuat dari 1 butir kelapa, 1 liter kental 1 liter lagi encer 2 liter
Kecap Pedas untuk penyajian 5 sendok makan
Minyak untuk menumis 4 sendok makan
Bawang merah goreng Secukupnya
Bumbu yang dihaluskan
Bahan Ukuran
Jahe 2 cm
Lada 1/2 sendok teh
Bawang putih 4 siung
Bawang merah 8 butir
Garam 2 sendok
Kunyit 4 cm
Cabe merah keriting 12 buah
Ketumbar 1/2 sendok teh
Kemiri 5 butir
Pekak sangrai 3 butir
Cengkeh di sangrai 2 butir
Kapulaga sangrai 3 butir
Kayu manis sangrai 2 cm
Gula pasir 2 sendok teh

Cara Membuat Gulai Kambing

  1. Terlebih dahulu merebus daging serta iga kambing yang sudah disiapkan hingga setengah lunak.
  2. Berikutnya tumis bumbu halus, daun jeruk, serai, daun salam serta daun kunyit hingga matang dan harum.
  3. Bumbu yang sudah di tumis kemudian di masukkan pada rebusan daging kambing. tambahkan juga santan encer dan masak daging hingga lunak. Aduk rata.
  4. Selanjutnya masukkan santan kental sambil memasak aduk terus agar tidak pecah.
  5. Apabila sudah masak bisa di sajikan bersama kecap manis pedas gurih dan bawang merah goreng yang sudah siap.
Akhirnya gulai kambing masak dengan sempurna. Anda bisa makan gulai kambing dengan perangkap agar lebih mantap dan sedap seperti acar wortel, timun, sambel dan kerupuk. Dengan demikian makan jadi lebih lahap dan ingin tambah lagi.

Disarankan untuk makan gulai kambing, makanlah selagi hangat / panas karena apabila sudah dingin rasanya tidak enak. Seperti yang anda lihat dalam keadaan dingin lemak gulai akan menggumpal / mengendap jadi perlu di panaskan kembali dan baru bisa dimakan. Sekian resep gulai kambing dan cara membuat gulai kambing yang spesial ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.