Resep Cara Memasak Kerang Dara Manis Pedas - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Memasak Kerang Dara Manis Pedas

Resep Cara Memasak Kerang Dara Manis Pedas

Kerang merupakan hewan yang ada di laut. Apabila anda dekat dengan laut pastinya pernah membuat resep kerang ini. Resep masakan kerang juga sangat di gemari oleh masyarakat kita, ada juga yang menjadikannya sebagai menu favorit walaupun jauh dari laut.

Kerang tersebar di berbagai daerah namun yang paling banyak ada di afrika dan Polinesia. Apabila anda ke laut pasti pernah melihat kerang. Kerang sering kali muncul di pasir-pasir pantai ketika ada ombak. Memang pada saat ini kerang sudah mendapat perhatian dan di budayakan secara profesional karena kerang juga mempunyai nilai ekonomi yang baik.

resep kerang, cara memasak kerang, resep masakan kerang

Kenikmatan resep kerang sudah dikenal oleh kebanyakan orang apalagi mereka yang memang pecinta makanan laut. Selain rasanya yang memang gurih kerang juga mempunyai protein yang tinggi.

Kerang adalah sumber zinc serta protein yang sangat baik. Namun, walaupun begitu kerang juga mempunyai asam purin yang cukup tinggi juga sehingga anda yang mempunyai asam urat sebaiknya tidak mengkonsumsi kerang.

Ada beberapa orang yang terkadang ketika mengkonsumsi kerang menjadi alergi. Gatal-gatal dan bentol pada tubuh sebaiknya yang alergi jangan mengkonsumsi. Alergi kerang seperti ini memang ada mitos yang tersebar di masyarakat untuk menghindari alergi maka cara memasaknya menggunakan ayu karang. Namun, hal ini masih belum terbukti secara ilmiah.

Resep Kerang

Bahan Ukuran
Kerang dara yang sudah dikupas 350 gram
Air jeruk nipis 1 sendok teh
Garam 1/2 sendok teh
Bawang putih dicincang kasar 3 siung
Kecap Manis Pedas Gurih 3 sendok makan
Jahe dimemarkan 3 cm
Terasi dibakar dan dihaluskan 1 sendok teh
Daun jeruk dibuang tulangnya disobek-sobek 5 lembar
Air 100 ml
Garam 1/4 sendok teh
Daun bawang diiris miring 1 batang
Minyak untuk menumis 2 sendok makan

Cara Memasak Kerang

  1. Kerang yang sudah disiapkan dan di kupas kemudian di rendam dalam larutan air jeruk nipis dan garam. Selanjutnya didiamkan kurang lebih hingga setengah jam.
  2. Panaskan minyak untuk menumis bawang putih hingga layu dan harum. Jangan lupa juga untuk menambahkan daun jeruk, terasi serta jahe di aduk rata.
  3. Waktunya memasukkan kerang aduk beberapa saat kemudian masukkan juga kecap manis pedas gurih beserta garam. Aduk lagi masukkan airnya dan masak hingga matang dan bumbu meresap sempurna.
  4. Ketika sudah matang dan hampir di angkat jangan lupa untuk menambahkan daun bawang agar aromanya lebih sedap. Kerang dara siap di sajikan.
Selain di laut anda bisa memperoleh kerang di pasar tradisional. Kalau di laut biasanya kerang masih dengan cangkangnya. Beberapa tips untuk membersihkan cangkang kerang yaitu dengan melepasnya menggunakan tangan kemudian dibersihkan pada air mengalir.

Pada kerang juga terdapat rambut yang melekat di bagian tengah mulut kerang. Anda bisa membersihkannya juga. Resep masakan kerang ini kami sajikan buat anda yang ingin memasak kerang lebih enak dan spesial.