Resep Cara Membuat / Memasak Sayur Bening Bayam - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat / Memasak Sayur Bening Bayam

Resep Cara Membuat / Memasak Sayur Bening Bayam

Kandungan sayur bayam selain enak ternyata ampuh bagi penderita anemia...

Bayam sering kali menjadi pilihan ibu ibu dirumah. Sayuran ini memang sederhana, hijau, mempunyai banyak manfaat serta memang disukai oleh kebanyakan orang. Mereka menjadikannya sebagai olahan atau menu yang enak. Beberapa menu olahan dari sayur bayam yaitu keripik, tumis bayam dan sayur bening bayam.

Artikel ini membahas sayur bening bayam. Walaupun demikian populer dan sudah sering kita jumpai pada kehidupan serhari hari. Mungkin dari kita ada sebagian yang belum mengetahui resep sayur bayam. Untuk itu kami sajikan cara membuat sayur bayam yang mudah dan sederhana.

Memasak resep sayur bening bayam adalah pilihan yang tepat. Dimakan dengan nasi akan terasal lebih enak. Apalagi ditambah dengan sambal, dan ikan laut yang digoreng garing. Sungguh rasanya begitu sempurna. Saya juga suka dengan resep ini. Selain itu kaya akan manfaat dan mempunyai kandungan gizi yang tinggi sehingga bermanfaat juga bagi tubuh kita.

sayur bayam, cara membuat sayur bayam, resep sayur bayam, resep sayur bayam bening, resep sayur bening bayam

Bayam mempunyai kandungan yang tinggi serat, kalium, vitamin serta mineral baik lainnya. Mempunyai kandungan zat besi yang tinggi yang berperan mengangkut oksigen pada sel darah merah. Jadi apabila anda penderita anemia bisa mengkonsumsi sayur bayam.

Sayur bayam bisa menjadi sayur andalan keluarga. Mudah di dapat di pasar juga banyak atau anda bisa membudidayakannya sendiri di pekarangan rumah. Jadi sewaktu-waktu ingin mengkonsumsi sayur bayam tinggal petik saja. Untuk itu kami sajikan resep sederhana dari sayur bayam sebagai berikut :

Resep Sayur Bayam

Bahan Ukuran
Bayam, disiangi 2 ikat
Bawang merah diiris tipis 3 butir
Wortel dipotong miring 100 gram
Temu kunci dimemarkan 4 cm
Jagung manis dipotong-potong 2 buah
Tomat dipotong panjang 1 buah
Garam 5 1/2 sendok teh
Gula pasir 1 sendok teh
Air 2.500 ml

Cara Membuat Sayur Bayam

  1. Siapkan panci untuk merebus air. Rebus air hingga mendidih kemudian masukkan bawang merah dan temu kunci. Rebus hingga harum.
  2. Berikutnya wortel dan jagung sudah boleh di masukkan. Masak hingga empuk.
  3. Tambahkan bumbu lainnya untuk rasanya agar sedap yaitu tomat, gula pasir serta garam. Biarkan hingga mendidih.
  4. Terakhir masukkan sayur bayam dan masak hingga matang.
  5. Angkat dan sajikan.

Begitu sederhana namun, tetap sedap. Beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam mengolah sayur bayam. Dari beberapa sumber yang saya baca bahwa sayur bayam tidak boleh di panaskan berulang. Jadi apabila masak sayur bayam langsung habis atau sekali makan saja.

Beberapa alasan menyebutkan bahwa memasak sayur bayam secara berulang akan mengakibatkan:
  1. Proses oksidasi pada sayur bayam. Proses pengikatan oksigen menyebabkan Fe2+ berubah menjadi Fe3+ di mana Fe3+ merupakan senyawa ferri yang beracun bagi tubuh karena pemanasan tersebut.
  2. Sayur bayam mempunyai kandungan nitrat dengan konsentrasi tinggi. Nitrat dapat berubah menjadi nitrit kemudian ke nitrosamin yang berbahaya bagi tubuh.
Untuk itu hati hati dalam mengolah bayam dan sebaiknya sekali makan saja. Demikian informasi resep sayur bayam, manfaat serta yang berpotensi membayakan dalam pengolahan bayam. Semoga bermanfaat dan selamat berkreasi...