Resep Cara Membuat Empal Gentong Cirebon - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Empal Gentong Cirebon

Resep Cara Membuat Empal Gentong Cirebon

Apa jadinya kalau babat sapi, limpa sapi, kemudian daging sapi di jadikan satu...

Jadi empal gentong dong!! Betul sekali, itu merupakan bahasan kita pada artikel ini. Sengaja menyajikan resep olahan sapi yang lebih bervariatif agar menambah ketertarikan anda terhadap kuliner Indonesia. Indonesia kaya akan kulinernya...

Setahu saya makanan berkuah dan memiliki rasa yang enak dan lezat pada umumnya yaitu soto dan rawon. Selebihnya kurang populer. Namun, ada salah satu olahan mirip soto yang katanya enak. Bahan isinya atau bahan utamanya menggunakan jeroan seperti daging sapi, babat sapi dan limpa sapi yang di olah dengan bumbu dan bahan lainnya. Makan ini disebut dengan empal gentong.

empal gentong, resep empal gentong, empal gentong Cirebon, cara membuat empal gentong

Empal gentong sangat populer di Cirebon. Pada saat ini memang sudah menjadi kuliner masyarakat sana. Tepatnya di olahan ini berasal dari Desa Battembat, Kec. Tengah Tani. Banyak para wisatawan bebondong bondong ingin menikmati kuliner ini.

Empal gentong ini di sajikan dengan nasi putih bisa juga di ganti dengan lontong. Apabila anda penasaran mampir sebenatar sewaktu melewati Cirebon bisa mencicipi makanan khasnya. Empal gentong di serbu para peminatnya dari berbagai daerah karena memang enak. Cara pengolahannya lain dari biasanya.

Kebanyakan orang bilang bahwa empal gentong ini merupakan variasi dari masakan soto. Memang sih mirip. Apabila anda ingin mencoba masak sendiri dirumah. Berikut ini resep dan cara membuat empal gentong.

Resep Empal Gentong

Bahan Ukuran
Babat sapi yang direbus dan dipotong dengan ukuran 2x2 cm 100 gram
Daging sapi dipotong 2 1/2 x 2 1/2 cm 250 gram
Limpa sapi direbus dan dipotong juga seukuran 2x2 cm 100 gram
Air 1.500 ml
Daun salam 2 lembar
Garam 3 1/2 sendok teh
Serai diambil putihnya dan dimemarkan 2 batang
Gula pasir 1 1/4 sendok teh
Santan dari 1 butir kelapa 250 ml
Minyak untuk menumis 2 sendok makan
Bumbu Halus
Bahan Ukuran
Bawang merah 10 butir
Kemiri yang disangrai 4 butir
Bawang putih 4 siung
Merica 3/4 sendok teh
Kunyit dibakar hingga harum 2 cm
Bahan Taburan
Bahan Ukuran
Kucai dipotong-potong menjadi beberapa bagian 2 tangkai
Cabai kering ditumbuk kasar 6 buah
Bawang goreng 2 sendok makan

Cara Membuat Empal Gentong

  1. Daging sapi yang sudah di siapkan di atas kemudian di rebus. Kemudian diangkat untuk di ambil air kaldunya. Ukur air kaldu tambahkan air hingga ukurannya menjadi 1.500 ml.
  2. Panaskan wajan yang sudah di beri minyak untuk menumis bumbu di atas. Tumis bumbu yang sudah di haluskan, serai kemudian dan salam hingga harum. Masukkan dagingnya yaitu daging sapi, limpa sapi dan terakhir babat sapi. Kemudian di aduk rata.
  3. Air rebusan daging di atas siap untuk di tuangkan tambahkan juga garam dan gula pasir untuk rasanya. Biarkan hingga mendidih. Apabila sudah masukkan santannya dan biarkan hingga matang. Aduk aduk kemudian angkat.
  4. Empal gentong siap untuk di sajikan.
Begitu mudahnya resep empal gentong ini seperti resep yang sudah di jabarkan di atas. Waktu yang pas untuk makanan ini adalah ketika suasana dingin. Seperti musim penghujan sangat pas untuk menikmati empal gentong sehingga menambah kehangatan dan kebersamaan.

Namun, yang perlu diingat resep ini menggunakan jeroan jadi mungkin tidak semua bisa menikmatinya. Bagi mereka yang sedang sakit ataupun yang memang mempunyai pantangan terhadap jeroan. Demikian resep ini semoga membantu anda khususnya yang suka dengan olahan makanan berkuah. Semoga berhasil..