Resep Cara Membuat Dimsum Siomay Ayam Ekonomis - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Dimsum Siomay Ayam Ekonomis

Resep Cara Membuat Dimsum Siomay Ayam Ekonomis

Dimsum tak selamanya mahal bahkan akan lebih murah apabila anda bisa membuat sendiri..

Terlihat dari penampilannya dimsum merupakan salah satu variasi makanan. Dimsum mirip dengan siomay. Mulai dari sajian dan juga warnanya. Meskipun mirip dimsum tetaplah berbeda. Berbagai varasi dimsum beredar seperti dimsum ceker, dimsum goreng, dimsum udang dan lainnya.

Kepopuleran dimsum kini menyebar ke berbagai penjuru daerah. Karena memang dimsum banyak sekali peminatnya. Hidangan asli asal Tiongkok ini menyebar dengan begitu cepat. Dimsum disajikan dengan streamer berbahan bambu kemudian menggunakan piring kecil. Dimsum di buat dalam dua jenis ada yang di goreng ada yang di kukus. Kali ini kita akan buat dimsum kukus dengan harga ekonomis.

resep dimsum, resep siomay dimsum, resep dimsum siomay, cara membuat dimsum, cara membuat dimsum ayam

Di negara asalnya yaitu di China dimsum biasanya disajikan ketika terapat acara minum teh atau disebut juga dengan yum cha. Tradisi ini memang sudah ada sejak dulu ketika jalur sumatera menjadi ramai dilewati pedagang.

Ketika masuk ke Indonesia dimsum mahal harganya. Dan pada waktu itu yang tersedia hanya di restoran besar dan di kota besar saja. Jadi untuk menikmati dimsum sangat jarang kecuali mereka yang sering ke restoran besar di kota. Namun, seiring perkembangannya dimsum tidak mahal lagi variasi dimsum juga menyebar dengan pesat.

Sehingga tidak ada lagi alasan bagi anda untuk tidak bisa menikmati dimsum. Bahkan dengan kreativitas dan kemauan anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Anda yang penasaran ingin membuat dimsum sendiri silakan simak berikut bahan dan cara mengolahnya...

Resep Dimsum

Bahan Isi
Bahan Ukuran
Paha ayam, fillet, cincang halus daging dan kulitnya 1 buah
Bawang putih di haluskan 2 siung
Tahu cina di haluskan 1 buah
Bengkuang di potong kotak kecil 100 gram
Daun bawang di iris halus 2 batang
Kecap ikan 1 1/2 sendok makan
Minyak wijen 3 sendok teh
Merica bubuk 3/4 sendok teh
Garam 1 1/2 sendok teh
Tepung sagu tani 150 gram
Gula pasir 2 sendok teh
Air es 50 ml
Kulit siomay siap pakai 26 lembar
Bahan Toping
Bahan Ukuran
Wortel di parut 1 buah atau 75 gram
Bahan Pelengkap
Bahan Ukuran
Saus sambal 50 gram

Cara Membuat Dimsum

  1. Buat isinya terlebih dahulu dengan mencampur bawang putih, daun bawang, minyak wijen, kecap ikan, garam, gula pasir, merica bubuk, tahu dan bengkuang dalam satu tempat di uleni hingga tercampur rata.
  2. Selanjutnya tambahkan air es dan uleni hingga rata. Tambahkan juga tepung sagu. Aduk hingga kembali hingga rata.
  3. Siapkan selembar kulit siomay kemudian lipat pada sisiya dan beri isi. Beri taburan wortel dan semprotkan air pada sisi siomay.
  4. Siapkan daun pisang yang telah di olesi dengan minyak secara tipis saja. Letakkan adonan di atasnya kemudian kukus hingga kurang lebih 15 menit dengan menggunakan api sedang hingga matang.
  5. Siomay siap untuk di sajikan dengan tambahan pelengkap.
Demikian resep dimsum siomay yang ekonomis ini. Anda bisa menjadikannya juga sebagai peluang usaha. Kalau tidak anda sajikan saja pada keluarga dirumah. Bahkan sebagai suguhan tamu juga cocok. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..