Resep Cara Membuat / Bikin Arem Arem Yang Enak - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat / Bikin Arem Arem Yang Enak

Resep Cara Membuat / Bikin Arem Arem Yang Enak

Bagi yang terbiasa sarapan pagi, anda bisa mencoba resep arem arem...

Sarapan pagi, sebagian orang menganggapnya penting. Untuk itu mereka rajin sarapan setiap paginya. Sarapan pagi membantu memberikan asupan gizi di pagi hari sehingga tenaga dan kesehatan tubuh lebih terjaga. Apabila anda tergolong orang yang suka sarapan pagi tidak ada salahnya anda mencoba arem arem. Apalagi anda termasuk orang yang sibuk dan praktis jadi pas banget bagi anda.

Arem arem mirip lemper, dimana didalamnya terdapat isian. Orang juga sering menyebut arem arem sebagai lontong isian karena didalamnya terdapat isi. Memang ukurannya lebih besar dari lemper sehingga makan bisa kenyang dan pas di perut. Isiannya bisa beragam misalnya oncom pedas, wortel, serta bihun.

arem arem, resep arem arem, resep membuat arem arem, cara bikin arem arem

Apabila anda pergi ke daerah Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah marak sekali orang yang menjual arem arem. Untuk di Jakarta isi dari arem arem kebanyakan menggunakan isian telur, campuran mayonnise, daging cincang dan saos.

Memang beragam sekali sekarang tergantung kesukaan Anda mau yang apa. Karena memang arem arem ini berkembang hingga ke beberapa daerah lainnya. Selera konsumen yang semakin lama semakin banyak sehingga variasi isi arem arem juga mengikuti. :)

Cara membuat arem arem tergolong sederhana. Anda juga bisa mencobanya apabila tidak sempat beli atau bahkan penasaran ingin berkreasi sendiri. Tahap pertama beras di masak setengah matang kemudian di tata, di beri isian, di gulung dan di beri daun pisang sebagai pembungkusnya. Terakhir di kukus hingga matang. Citarasa arem arem yang membuat enak adalah daun pisangnya. Bungkusan daun pisang serta aromanya menjadikan arem arem semakin sedap.

Resep Arem Arem

Bahan Kulit
Bahan Ukuran
Beras 600 gram
Santan dibuat dari 1 butir kelapa 1.400 ml
Daun salam 2 lembar
Garam 2 sendok teh
Daun pisang untuk membungkus Secukupnya
Bahan Dadar
Bahan Ukuran
Butir telur 4 buah
Garam 1/2 sendok teh
Isi
Bahan Ukuran
Hati sapi untuk di rebus kemudian di potong bentuk kotak kecil 200 gram
Lengkuas di memarkan 2 ruas
Cabai merah besar di iris halus dan di buang bijinya 2 buah
Daun salam 1 lembar
Garam 1/2 sendok teh
Merica bubuk 1/8 sendok teh
Gula pasir 1/4 sendok teh
Santan terbuat dari 1/2 butir kelapa 200 ml
Air asam 1/2 sendok teh
Minyak untuk menumis 2 sendok makan
Bumbu Halus
Bahan Ukuran
Bawang merah 4 butir
Bawang putih 2 siung
Cabai merah keriting 4 buah
Cabai merah besar 2 buah
Kemiri 2 butir

Cara Membuat Arem Arem

  1. Siapkan tempat untuk mendidihkan santan yang dicampur dengan daun salam. Apabila sudah mendidih beras yang sudah di cuci bersih dimasukkan. Biarkan dan buat aron. Sisihkan.
  2. Sambal goreng dengan menumis bumbu yang telah disiapkan antara lain bumbu yang telah dihaluskan, lengkuas, cabe merah dan daun salam.
  3. Masukkan hati kemudian aduk rata. Semua dimasak hingga mendidih kemudian tambahkan juga beberapa bahan lainnya seperti merica bubuk, garam dan gula pasir. Aduk rata kembali.
  4. Selanjutnya santan bisa dituangkan dan masak hingga beberapa lama dan matang. tambahkan juga air asam. Aduk kembali.
  5. Dadar, untuk membuatnya siapkan pan anti lengket kocok telur di campur dengan garam kemudian di masak hingga matang.
  6. Waktunya pembentukan yaitu dengan menyiapkan aronan nasi yang telah di buat di atas. kemudian isi dengan bahan isian yang sudah disediakan. Bentuklah lonjong dan bungkus dengan dadar.
  7. Siapkan daun pisang selembar saja. Kemudian arem arem yang sudah dibentuk di letakkan di atasnya. Bungkus lonjong pada bagian sisi kanan dan kirinya di sematkan lidi agar tidak tumpah.
  8. Kukus arem arem yang sudah di bentuk hingga matang. Kira-kira membutuhkan waktu sekitar setengah jam. Angkat dan sajikan.
Sederhana bukan, dan kini arem arem sudah siap disajikan untuk sarapan pagi. Penyajiannya biasanya dilengkap dengan cemilan pendamping lainnya seperti tahu isi, aneka gorengan, tempe goreng tepung, bakwan, dan berbagai jenis gorengan lainnya. Jangan lupa cabe rawitnya sehingga lebih nikmat atau bisa juga dimakan dengan sambal kacang yang mantap. Oke sekian resep arem arem kali ini semoga jadi inspirasi pagi. Selamat mencoba dan semoga sukses...