Resep Cara Membuat Kue Apem Selong Lembut Istimewa Enak Khas Surabaya - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Kue Apem Selong Lembut Istimewa Enak Khas Surabaya

Resep Cara Membuat Kue Apem Selong Lembut Istimewa Enak Khas Surabaya

Resep apem selong, Saya yakin Anda semua pasti sudah pernah merasakan atau makan kue ini. Apem memang cukup familiar di daerah kita dan biasanya digunakan ketika ada acara selamatan.

Tidak jarang kita sering dapat dari tetangga yang sedang mengadakan acara. Namun, lain halnya dengan apem yang satu ini. Apem ini bernama apem Selong.

Apem yang merupakan jajanan tradisional yang berasal dari Surabaya ini adalah makanan khas. Apem selong sekarang sudah terkenal ke segala penjuru nusantara.

Selain itu apem selong pada saat ini sudah banyak tersebar di pasar-pasar tradisional sehingga kita dengan mudah bisa mendapatkannya. Jadi apabila kita ingin membawa oleh-oleh buat keluarga ya bisa membelinya di pasar tersebut.

resep kue apem,kue apem,resep apem,cara membuat kue apem,cara membuat apem,resep apem selong

Apem selong dibuat dengan menggunakan ragi pengembang organik. Penggunaan ragi di sini dimaksudkan untuk membuat adonan atau tekstur kue apem selong sehingga memiliki rongga rongga udara. Sementara itu pembuatannya sendiri sangat mudah apabila kita tidak sempat bermain ke Surabaya kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Pembuatannya cukup sederhana dengan menggunakan cetakan yang terbuat dari aluminium yang tebal bisa juga menggunakan teflon sebagai alternatif cetakan. Selain itu ada cetakan yang terbuat dari tanah liat. Seperti yang kita lihat dan digunakan untuk membuat kue serabi.

Apabila menggunakan cetakan apem selong yang terbuat dari tanah liat. Rasanya lebih mantap akan menghasilkan rasa yang khas karena menggunakan bahan alami atau kita menggunakan kayu bakar untuk memasaknya. Aromanya yang dihasilkan begitu menggoda, menggugah selera. Oke untuk kali ini kita lanjut cara pembuatan apem selong. Kita menggunakan alat seadanya saja yang ada di rumah. Beberapa alat dan bahan yang perlu di siapkan adalah cetakan apem selong. Bisa menggunakan teflon seperti di atas hanya saja bedanya pada bentuknya nanti tidak seperti pada aslinya.

Resep Apem Selong

Untuk beberapa bahan pembuatan apem selong silakan perhatikan berikut ini.
Bahan Ukuran
Air kelapa 400 ml
Ragi instan 2 sendok makan
Tepung beras 500 gram
Tepung tapioka 50 gram
Gula pasir 650 gram
Santan kental 600 ml
Telur ayam 4 butir
Vanili dan garam secukupnya

Cara Membuat Kue Apem

  1. Siapkan ragi terlebih dahulu sebanyak 2 sendok makan kemudian dicampur ke dalam 400 mili liter air kelapa. Kemudian diaduk hingga ragi larut dalam air kelapa tersebut. Setelah itu kita sisihkan terlebih dahulu.
  2. Mencampurkan beberapa tepung antara lain tepung beras, tepung tapioka, vanili, garam dan gula pasir. Bahan tersebut dicampur dalam satu wadah yang besar. Kemudian diaduk hingga rata. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tepung yang digunakan harus di saring terlebih dahulu agar halus dan hasilnya bisa empuk.
  3. Air kelapa yang ada pada langkah pertama tadi yang telah kita buat kemudian dicampurkan ke dalam tepung. Masukkan sedikit demi sedikit dan tujuannya agar tidak menggumpal. Selanjutnya memasukkan telur ayam sambil diuleni.
  4. Proses pemasukan santan kental ke dalam adonan kemudian diolah lagi terus hingga adonan benar-benar rata menyeluruh.
  5. Adonan didiamkan kurang lebih 60 menit karena adonan mengandung ragi. Ragi yang digunakan agar bekerja terlebih dahulu. Selain itu ragi memerlukan waktu agar ngefek pada adonan yang akan kita buat. Dan nantinya adonan bisa mengembang dan hasilnya sempurna.
Adonan tadi yang sudah didiamkan kita lanjutkan kembali.
  1. Apabila adonan apem selong telah mengembang dengan sempurna yang sudah kita diamkan selama 1 jam sebelumnya. Perhatikan akan terlihat gelembung-gelembung udara pada adonan tersebut. Itu artinya adonan akan siap di proses pada cetakan cetakan siapkan kemudian dipanaskan menggunakan api sedang dan merata secara sempurna pada permukaan.
  2. Adonan siap untuk di tuangkan dalam cetakan untuk tak hanya di sesuaikan dengan cetakan sehingga tidak terlalu besar dan terlalu kecil.
  3. Tunggu adonan hingga benar-benar mengembang di dalam cetakan dengan sempurna apabila sudah mengembang cetakan bisa ditutup. Tunggu dan biarkan beberapa lama hingga terdapat tanda-tanda matang. Apem selong yang matang akan berwarna kecoklatan.
  4. Apem selong sudah matang dan siap untuk diangkat dan dihidangkan. Dimakan dan disantap bersama keluarga tercinta.
Begitu saja cara pembuatan apem selong, memang caranya sangat sederhana cocok buat anda di rumah. Cocok juga untuk bekal nonton tv bersama keluarga. Untuk pembuatan apem selong ini tidak jauh beda dan hampir sama dengan cara pembuatan terang bulan atau martabak yang sering kita temui. Hanya saja perbedaannya terletak pada bahan-bahan yang digunakan kemudian cara pembuatan adonan sedikit berbeda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal cobalah anda sering praktek membuat sendiri di rumah sehingga menghasilkan apem selong dengan kualitas terbaik. Saya doakan semoga Anda bisa segera ke Surabaya untuk menikmati apem selong aslinya. Sekian dari saya semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Lihat juga resep yang tidak kalah lezat seperti apem selong disini...
resep donat kentang dan cara membuat brownies panggang