Resep Cara Membuat Ayam Betutu Enak dan Mantap - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Ayam Betutu Enak dan Mantap

Resep Cara Membuat Ayam Betutu Enak dan Mantap

Resep ayam betutu, resep makanan ini berasal dari Bali. Apabila berwisata ke bali jangan lewatkan kuliner yang satu ini. Makanan yang memang sudah cukup populer dan terkenal sekali di Bali. Apalagi bali memeng tempat tujuan wisata bagi para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Jadi ayam betutu sudah menjadi makanan kuliner wisata Bali. Ayam betutu bisa menjadi pilihan favorit anda.

Cara membuat ayam betutu diolah dengan menggunakan bahan dasar ayam. Daging pilihan yang diolah sehingga rasanya mantap sekali. Memang sangat cocok sekali dengan daerah Bali. Panorama dan wisata memukau dan merupakan wisata nomor satu di Indonesia. ditambah lagi dengan ayam sehingga sajian makanan akan terasa nikmat sekali. Melihat pemandangan yang indah di barengi dengan makan Ayam betutu.

Resep Ayam Betutu, Cara Membuat Ayam Betutu

Resep ayam betutu bisa menjadi pilihan. Karena selain khas memang makanan ini merupakan kuliner yang sangat digemari oleh wisatawan. Dengan ciri khas nikmat dan cita rasa yang pedas membuat makanan ini sangat terkesan. Memang untuk pembuatan ayam betutu ini banyak menggunakan bumbu cabe sehingga memang pedas.

Cara membuat ayam betutu sudah tidak sabar ingin segera menyantapnya. Apabila anda bisa berlibur dan berkunjung kebali anda bisa menikmati makanan ini. Namun, apabila tidak kali ini sengaja kami bahas bagaimana cara membuat ayam betutu yang enak dan mantap ini. Anda bisa praktek di rumah untuk menghasilkan Ayam betutu yang pedas dengan kreasi anda sendiri. Dengan beberapa bumbu seperti cabe rawit, merica, lengkuas dan berbagai macam bumbu lainnya. Silakan simak terus..

Resep bisa dibuat, tentunya bahan-bahan yang dibutuhkan harus dilengkapi terlebih dahulu. berikut ini detail bahan yang bisa anda catat kemudian ke pasar atau toko terdekat. Beli dan siapkan bahan-bahannya.

Resep Ayam Betutu

Bahan Ukuran
Garam 2 sendok makan
Gula pasir 2 sendok teh
Air secukupnya
Cabe rawit merah 10 biji
Kunyit dibakar 7 cm
Daun jeruk 5 lembar
Cabe merah 7 potong
Serei ambil putihnya secukupnya
Lengkuas 7 cm
Jahe 7 cm
Kencur 2 ruas
Pala 1/2 sendok teh
Merica 1 sendok teh
Ketumbar 1 sendok teh
Asam jawa ambil airnya 1 sendok makan
Terasi 1/2 sendok teh
Kemiri sangrai 10 butir
Bawang putih 5 siung
Bawang merah ukuran besar 10 siung
Ayam kampung 1 1/2 ekor
Cara membuat yang tidak terlalu rumit ternyata juga bisa dibuat di rumah. Asalkan anda mau, ayam betutu pun akan berhasil anda buat. Anda bisa memperhatikan langkah-langkah cara pembuatannya berikut ini..

Cara Membuat Ayam Betutu

  1. Langkah pertama untuk membuat ayam betutu yaitu dengan menumbuk atau menghaluskan bahan terlebih dahulu. bumbu yang digunakan yaitu semua bumbu diatas kecuali daun jeruk, sereh dan cabe rawit merah yang tidak perlu dimasukkan.
  2. Ambil ayam yang sudah di potong menjadi ¼ bagian dan dicuci bersih.
  3. Masak ayam dengan menggunakan presto agar hasilnya lebih empuk dan bagus. Untuk memasaknya lumuri dengan bumbu kemudian ungkep hingga beberapa lama, warna dan baunya berubah sehingga terlihat kecokelatan dan empuk.
  4. Apabila bumbu dan ayam sudah empuk dan bumbu meresap dengan baik, anda bisa memasukkan cabe rawit merah. Kemudian masak lagi hingga benar-benar masak bersama dengan cabe.
  5. Ayam siap diangkat dan disajikan.
Resep sudah di buat di atas dengan melihat bahan dan step stepnya. Mudah bukan, anda bisa menyajikannya kemudian di hias dengan kreativitas anda agar terlihat begitu menarik dan lebih khas. Resep ayam betutu yang berhasil dibuat dengan cara membuat di atas baiknya disajikan di siang hari, karena rasanya yang hot akan pantas sekali dengan suasananya.

Kelezatan dan kenikmatannya sungguh menggoda selera. Oke sekian dulu tips kali ini tentang bagaimana cara membuat ayam betutu. Walaupun anda tidak pergi ke Bali anda bisa mencobanya. Tentunya kreativitas anda sangat berperan di sini. Selamat mencoba dan selamat menikmati.

Baca juga artikel menarik lainnya seperti..
resep bolu pandan dan cara membuat ayam pop