Resep Cara Membuat Puding Jagung Manis Coklat Susu Santan Kelapa Muda - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Puding Jagung Manis Coklat Susu Santan Kelapa Muda

Resep Cara Membuat Puding Jagung Manis Coklat Susu Santan Kelapa Muda

Resep puding jagung, merupakan makanan yang sering kali kita lihat dan kita nikmati setelah makan. Karena memang makanan ini sebagai hidangan penutup yang sudah menjadi pilihan banyak orang. Pada umumnya puding dibuat menggunakan bahan-bahan yang direbus, dikukus maupun dipanggang. Seperti yang akan kita bahas pada artikel kali ini yaitu puding jagung.

Rasanya yang manis membuat orang yang mengkonsumsi merasa ketagihan ingin mencobanya terus. Rasa manis didapatkan dari beberapa bahan seperti perisa coklat, karamel, vanila, atau buah-buahan lainnya. Di Indonesia memang banyak aneka puding yang menyebar di daerah-daerah. Seperti puding jagung, cara membuat puding jagung nantinya akan kita kupas tuntas pada artikel ini. Warna dan tekstur yang dihasilkan dari puding jagung sangat menarik dan kenyal.

Resep Puding Jagung, Cara Membuat Puding Jagung

Resep puding jagung dibuat dengan beberapa bahan seperti santan, daun pandan, gula dan beberapa bahan lainnya. Campuran dari bahan-bahan tersebut akan menambah rasa yang lebih mantap. Mungkin anda sebagai pencinta puding biasa membeli di luar. Untuk kali ini sengaja ingin berbagi tips bagaimana cara membuat puding yang enak, iya puding jagung.

Cara membuat puding jagung sangatlah sederhana. Anda bisa memperhatikan beberapa bahan dan cara membuat di bawah ini secara lengkap saya tulis. Oke langsung saja buat pudingnya karena sudah lapar.. Hehehe... berikut puding jagung. Simak yee...

Resep berikut bahan harus di lengkapi terlebih dahulu, karena memang untuk menghasilkan puding yang mantap bahan harus lengkap. Beberapa bahan yang bisa anda beli di pasaran di bawah ini.

Resep Puding Jagung

Bahan Puding
Bahan Ukuran
Santan, dari 1 butir kelapa parut 800 ml
Daun pandan, simpulkan 2 lembar
Gula pasir 150 gram
Agar-agar bubuk warna putih 1 bungkus / 7 gram
Garam ½ sendok teh
Jagung manis segar pipilan 250 gram
Mata nangka yang di potong dadu ½ cm 75 gram
Daging buah kelapa muda 75 gram
Bahan Saus
Bahan Ukuran
Santan kental dari 1 butir kelapa parut 500 ml
Gula pasir 75 gram
Daun pandan yang di simpulkan 2 lembar
Tepung maizena 2 sendok makan
Garam ½ sendok teh
Berikut cara membuatnya, sangat simpel dan sederhana. Terdapat empat sampai lima buah step untuk hasil yang maksimal. Simak berikut ini.

Cara Membuat Puding Jagung

  1. Untuk membuat puding jagung yang pertama yaitu membuat saus terlebih dahulu, caranya yaitu dengan mencampur beberapa bahan berikut ini santan, gula, daun pandan, tepung maizena, kemudian garam. Bahan tersebut di campur dalam satu buah panci. Apabila sudah tercampur giliran untuk di masak menggunakan api kecil agar hasilnya lebih mantap. Aduk perlahan hingga mendidih, aduk terus agar santan tidak pecah. Apabila sudah masak bisa diangkat dan sisihkan.
  2. Giliran selanjutnya yaitu membuat puding caranya dengan mencampur beberapa bahan seperti santan, daun pandan, gula pasir, agar-agar kemudian garam. Aduk hingga benar-benar tercampur rata. Masak juga menggunakan api kecil. Aduk terus dan perlahan hingga mendidih santan jangan sampai pecah. Tambahkan juga jagung. Apabila sudah bisa diangkat dan sisihkan.
  3. Menyiapkan cetakan puding, untuk membentuk puding agar terlihat cantik. Cetakan puding bisa menggunakan gelas dengan ukuran volume kurang lebih sekitar 100 ml kemudian di bawahnya terdapat kaki lima, siapkan gelas tersebut kemudian basahi dengan menggunakan air matang. Selanjutnya bisa menyusun kelapa muda dan nangka di atasnya.
  4. Adonan puding yang sudah di buat di atas bisa dituangkan ke dalam gelas. Ratakan dan percantik puding kemudian dinginkan. Untuk hasil yang lebih baik, adonan yang sudah dibuat masukkan ke dalam kulkas hingga mengeras. Apabila sudah bisa di keluarkan kemudian sirami dengan saus yang telah di buat di atas hingga rata.
  5. Puding jagung siap untuk disajikan.

Resep puding ini sengaja menggunakan bahan dasar jagung. Karena memang jagung merupakan salah satu panganan yang mengandung karbohidrat selain gandum dan padi. Jagung sebagai bahan pokok bisa kita kreasikan untuk resep puding jagung.

Cara membuat sudah saya sajikan di atas bisa dicoba. Oke sekian dulu tips kali ini yang sangat sederhana tentang cara membuat puding jagung. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga artikel menarik lainnya...
resep ayam pop dan cara membuat ayam betutu