Resep Cara Membuat Es Dawet Tepung Beras Seger - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Es Dawet Tepung Beras Seger

Resep Cara Membuat Es Dawet Tepung Beras Seger

Butuh yang segar-segar,, coba es dawet di jamin rasa haus pasti hilang...

Es dawet merupakan minuman yang segar, kesegarannya membuat kita begitu mantap meminumnya. Semua orang pasti pernah merasakan haus yang luar biasa. Mungkin karena rentan waktu minum yang begitu lama sehingga dahaga semakin terasa. Pada dasarnya orang kalo haus minum air, itu memang cukup namun, anda bisa coba dengan minuman yang lain seperti es dawet.

Selain menghilangkan dahaga, es dawet mempunyai rasa yang mantap, rasanya manis karena terdapat campuran gula pada es dawet. Selain itu juga aromanya yang begitu kuat memikat, aroma wangi buah nangka serta gurih karena terdapat campuran santan dari kelapa sehingga tidak jarang es dawet menjadi salah satu minuman favorit.

resep es dawet,cara membuat es dawet

Es dawet bisa di jumpai di pinggir jalan, terlihat orang menjual es dawet biasanya menggunakan gerobak, tenda dan tempat yang memang menjual berbagai minuman. Sehingga apabila anda haus bisa langsung membeli pada penjual es dawet.

Es dawet juga populer ketika menjelang puasa, berbagai masyarakat penjual es dawet langsung membludak. Karena memang hari itu hari merupakan hari yang spesial bagi umat muslim. Haus dan dahaga sudah pasti, sehingga es dawet bisa menjadi pilihan minuman yang menarik.

Salah satu es dawet yang terkenal saat ini adalah es dawet ayu yang berasal dari Banjarnegara. Katanya sih rasanya lebih enak, kalo ada waktu nanti saya akan coba bahas di sini. Selain itu apabila anda tertarik dan penasaran tentang resep es dawet dan cara membuat es dawet sendiri di rumah. Silakan simak terus artikel ini hingga habis.

Resep Es Dawet

Bahan Ukuran
Tepung sagu aren 50 gram
Tepung beras 60 gram
Air 600 ml
Garam 1 1/2 sendok teh
Es serut kasar 500 gram
Bahan Sirop
Bahan Ukuran
Gula merah disisir 250 gram
Daun pandan 2 lembar
Air 250 ml
Garam 1/4 sendok teh
Nangka dipotong panjang 6 buah
Bahan Kuah Santan
Bahan Ukuran
Santan dari 1/2 butir kelapa 500 ml
Daun pandan 2 lembar

Cara Membuat Es Dawet

  1. Membuat cendol, yaitu dengan melarutkan beberapa bahan seperti tepung beras, tepung sagu kemudian garam yang di campur dalam air. Kemudian di masak hingga tercampur rata, indikasinya meletup-letup hingga kental dan kalis.
  2. Selanjutnya bahan cendol di tuang dalam cetakan. Dengan menyiapkan baskom kemudian di letakkan di atasnya di campur dengan air es dan di tekan. Saring cendol dan sisihkan.
  3. Membuat sirop, yaitu dengan mendidihkan gula merah, daun pandan, air, serta garam. Masak dengan menggunakan api kecil hingga mengental. Tambahkan juga bahan nangka. Aduk perlahan hingga rata.
  4. Selanjutnya kuah santan, yaitu dengan merebus bahan kuah santan hingga matang dan mendidih. Aduk juga perlahan agar rata.
  5. Tahap terakhir penyajian yaitu cendol di sajikan dengan sirop, kuah santan serta es yang di serut.
Es dawet untuk 5 porsi, terlihat dari sajian es dawet yang di campur dengan sirop, kuah santan serta es serut di atasnya semakin membuat menarik. Tidak sabar rasanya ingin segera meminumnya agar dahaga serta haus langsung enyah. Sajian seperti ini cocok bagi kita di buat di rumah pas musim kemarau atau suasana lagi panas.

Oke demikian resep kali ini semoga bisa memberi manfaat bagi para pembaca dapur resep koki, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca juga resep lainnya..
cara membuat sambal terong dan resep cheese cake