Resep Masakan Cara Membuat Udang Asam Manis Enak Pedas - RESEP DAPUR KOKI

Resep Masakan Cara Membuat Udang Asam Manis Enak Pedas

Resep Masakan Cara Membuat Udang Asam Manis Enak Pedas

Udang asam manis pedas, pedasnya ampuh banget..

salah satu masakan seafood yang enak adalah udang. Udang sering kali dijadikan makanan yang enak dengan diolah menggunakan beberapa resep udang. Salah satu cara memasak udang yaitu di buat udang asam manis.

Dengan perpaduan pedas yang terasa banget, apabila anda suka pedas maka udang asam manis di tambah porsi cabai agar lebih maknyus. Apabila tidak suka bisa dikurangi. Namun, tidak ada salahnya anda mencoba resep udang asam manis ini.

udang asam manis,resep udang asam manis,cara membuat udang asam manis

Udang asam manis menjadi pilihan para pecinta kuliner. Terutama pecinta makan yang asalnya dari laut (seafood). Tidak heran mereka menjadikan udang menjadi makanan favorit mereka. Selain mudah untuk di dapatkan di pasar terdekat, harganya juga relatif terjangkau.

Selain itu bagi ibu rumah tangga udang asam manis dijadikan menu pilihan untuk keluarga tercinta. Mengapa begitu, karena memang di antara salah satu atau semua keluarga anda suka dengan udang. Jadi resep ini cocok sekali di praktekkan di rumah.

Kandungan dan manfaat dari udang juga banyak sekali. Selain kaya akan protein yang dibutuhkan tubuh. Udang juga mempunyai kandungan kalsium sehingga baik untuk masa pertumbuhan. Rendah kalori juga sehingga anda tidak perlu khawatir makan udang tidak membuat anda gemuk.

OK, sepertinya sudah tidak sabar ingin segera mencicipi lezatnya udang asam manis. Sengaja kali ini kami bahas khusus buat anda pecinta kuliner atau anda yang sedang bingung mencari resep udang yang mau di masak apa, silakan simak berikut ini.

Resep Udang Asam Manis

Bahan Ukuran
Udang jerbung, dibuang kepala, disisakan kulit dan ekornya, dibelah punggungnya 400 gram
Air jeruk nipis 1 sendok teh
Garam 1 sendok teh
Bahan Pelapis (aduk Rata)
Bahan Ukuran
Tepung terigu 100 gram
Maizena 2 sendok makan
Saus
Bahan Ukuran
Wortel, dipotong korek api 1 buah
Tomat, dicincang halus 3 buah
Bawang bombay, diiris halus panjang 1/4 buah
Bawang putih, dicincang halus 2 siung
Cabai merah, dipotong serong tipis 2 buah
Ketimun, dibuang biji, dipotong korek api 1 buah
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Daun bawang, dipotong serong 1 tangkai
Gula pasir 1 1/4 sendok teh
Kecap inggris 3/4 sendok teh
Air 200 ml
Saus tomat 2 sendok makan
Garam 3/4 sendok teh
Maizena dilarutkan dalam 1 sendok makan air 1/2 sendok makan
Minyak untuk menumis 1 sendok makan

Cara Membuat Udang Asam Manis

  1. Ambil udang yang sudah di cuci dan dibersihkan, rendam dalam perasan air jeruk kemudian ditambah dengan garam dan diamkan hingga kurang lebih 10 menit.
  2. Apabila sudah bisa kita siapkan bahan pelapis tepung di atas. Udang yang sudah direndam kemudian di celupkan dalam air es dan gulingkan pada tepung.
  3. Udang siap untuk di goreng. Goreng udang dengan memanaskan minyak terlebih dahulu lalu goreng hingga berubah warna menjadi kuning keemasan. Angkat kemudian sisihkan.
  4. Buat bumbunya dengan menumis beberapa bahan seperti cabai merah, bawang bombay, dan bawang putih. Masukkan juga tomat, kecap inggris, merica, gula dan saus tomat ke dalam wajan. Aduk rata. Jangan lupa tambahkan timun dan wortel. Aduk lagi.
  5. Tambahkan air, biarkan di masak hingga beberapa lama sampai muncul tanda meletup-letup. Kemudian tuangkan larutan maizena. Aduk dan angkat. Setelah jadi siap untuk di siramkan di atas udang.
Udang asam manis yang begitu nikmat ini dibuat untuk 5 porsi, dengan beberapa langkah cara membuat udang asam manis saja sudah siap untuk di hidangkan. Mempunyai nutrisi yang baik bagi kesehatan serta bisa dijadikan menu spesial buat keluarga anda. Demikian share kali ini kurang lebihnya mohon maaf. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga resep menarik ini...
bumbu ayam kecap dan cara membuat kulit lumpia