Resep Cara Memasak dan Bumbu Udang Saus Tiram Sederhana Enak - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Memasak dan Bumbu Udang Saus Tiram Sederhana Enak

Resep Cara Memasak dan Bumbu Udang Saus Tiram Sederhana Enak

Udang saus tiram dapat anda sajikan dalam beberapa menit saja...

Bagi anda yang tidak mempunyai banyak waktu untuk memasak, udang saus tiram bisa menjadi pilihan. Karena cara memasak dan membuat udang saus tiram ini sangat sederhana, cepat sehingga bisa dengan mudah untuk disajikan. Kesederhanaan ini bisa anda jadikan menu apabila anda sedang buru-buru namun, diharuskan untuk memasak.

Resep udang saus tiram dibuat dengan beberapa bahan utama yang tidak begitu sulit. Kebanyakan bumbu yang digunakan sangat sederhana dan mudah untuk di dapatkan di pasar. Beberapa contoh bahannya seperti jeruk nipis, bawang bombay, bawang putih dan beberapa bumbu yang lainnya yang bisa anda baca pada artikel ini.

udang saus tiram,resep udang saus tiram,cara memasak udang saus tiram

Selain cepat dalam penyajian udang saus tiram tergolong masakan yang memang banyak disukai oleh kalangan masyarakat. Tidak hanya itu disajikan buat keluarga di rumah saya rasa sangat cocok. Bahkan saya jamin pasti keluarga anda suka kecuali memang mempunyai pantangan makan seafood.

Udang sering kali menjadi pilihan yang pas karena di dalam udang mempunyai banyak kandungan seperti gizi dan kalsium yang dibutuhkan tubuh. sehingga anda bisa mencoba resep ini di rumah sendiri misalnya pas hari libur atau bisa dibuat sebagai menu paling disajikan pada hari aktif anda.

Tidak perlu khawatir dengan rasanya, sepertinya anda sudah mulai penasaran. Karena saya juga sudah ingin sekali mencicipi hasil dari olahan udang ini mari kita buat.

Resep Udang Saus Tiram

Bahan Ukuran
Udang jerbung, dibuang kepalanya, dikupas, disisakan ekornya, dikerat punggungnya 350 gram
Air jeruk nipis 1/2 sendok makan
Garam 1 sendok teh
Bawang bombay, diiris panjang 1/2 buah
Minyak untuk menggoreng secukupnya
Bawang putih, dicincang halus 3 siung
Jahe, dimemarkan 3 cm
Saus tomat 1 sendok makan
Saus tiram 2 sendok makan
Kecap manis 1 sendok teh
Kecap asin 1 sendok teh
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Gula pasir 1/4 sendok teh
Air 150 ml
Minyak untuk menumis 2 sendok makan

Cara Memasak Udang Saus Tiram

  1. Udang yang sudah dibersihkan kemudian di rendam dalam larutan air garam dan air jeruk kurang lebih hingga 15 menit.
  2. Waktunya menggoreng, udang di goreng dengan menggunakan minyak panas. Goreng hingga berubah warna dan udang berkulit terlihat kulitnya agak mengeras. Apabila sudah angkat dan sisihkan.
  3. Buat bumbunya dengan menumis bawang putih, jahe dan bawang bombay hingga wangi harum.
  4. Selanjutnya udang yang sudah di goreng dimasukkan campur dan aduk rata. Jangan lupa tambahkan juga saus tomat, kecap manis, kecap asin, merica, gula dan terakhir saus tiram. Aduk kembali hingga matang dengan sempurna.
  5. Tuangkan air hingga udang agak empuk dan bumbu meresap dengan baik. Setelah itu angkat dan sajikan.
Begitu mudahnya membuat udang saus tiram, porsi ini untuk 4 porsi. Tambahkan sendiri pada takaran bahan apabila kurang banyak. Resep udang saus tiram menjadi solusi anda dalam menyajikan makanan fast food namun, sempurna. Demikian saja tips kali ini semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga sukses.

Lihat juga resep menarik ini...
resep lumpia dan resep udang asam manis