Resep Cara Membuat Mie Aceh Asli Spesial - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Mie Aceh Asli Spesial

Resep Cara Membuat Mie Aceh Asli Spesial

Berbagai mie menyebar di kalangan masyarakat misalnya mie ayam, mie goreng dan mie lainnya. Salah satu varian dari olahan mie yang akan kita ulas kali ini yaitu mie aceh. Mie aceh merupakan mie yang pedas khas aceh yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Mie aceh ini terdapat dua jenis yaitu mie aceh kuah dan mie aceh goreng.

Memang setiap daerah yang tersebar di Indonesia ini banyak yang mempunyai makanan khas kuliner. Seperti Yogyakarta dan daerah lain dan tidak ketinggalan untuk daerah aceh yang mempunyai kuliner khas dengan mienya.

Mie aceh di buat dengan menggunakan mie kuning yang tebal kemudian di campur dengan irisan daging sapi, irisan daging kambing dan makanan laut seperti udang dan cumi. Mie aceh disajikan seperti soup yang gurih dan pedas sejenis kari. Selain itu mie dilengkapi juga dengan taburan di atasnya sehingga lebih mantap seperti bawang goreng, emping, potongan bawang merah, jeruk nipis dan mentimun.

resep mie aceh,mie aceh paling enak di jakarta,cara membuat mie aceh

Sungguh begitu menggoda, rasanya kaya akan rempah-rempah. Mungkin anda yang menikmati mie aceh akan tambah dan tambah lagi. Karena memang rasanya begitu mantap. Memang pada saat ini masih proses berkembang sehingga masih jarang yang menyajikan mie aceh. Untuk itu apabila anda ingin maka bisa buat sendiri di rumah.

Karena kali ini kami sengaja memberikan dan sharing tentang resep mie aceh. Mie yang khas dari serambi Mekah. Mie ini enak di sajikan ketika panas, langsung di makan. Apalagi sedang ramai bersama keluarga tentu lebih seru. Untuk itu yang sudah tidak sabar dengan resepnya silakan simak berikut ini.

Resep Mie Aceh

Bahan Ukuran
Lomi diseduh air panas 300 gram
Paha ayam tanpa tulang, direbus, disuwir 1 buah
Bawang putih, diiris tipis 4 siung
Bawang merah, diiris tipis 3 butir
Tomat, dipotong-potong 1 buah
Taoge 50 gram
Kol, diiris 75 gram
Kecap manis 1 sendok makan
Cuka 1/2 sendok teh
Garam 2 sendok teh
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Gula pasir 1/2 sendok teh
Kaldu ayam 50 ml
Daun bawang, dipotong 1 cm 1 batang
Minyak untuk menumis 3 sendok makan
Bumbu Halus
Bahan Ukuran
Bawang merah 6 butir
Bawang putih 4 siung
Cabai merah besar, dibuang biji 4 buah
Kunyit, dibakar 2 cm
Kapulaga 1 butir
Jintan 3/4 sendok teh
Bahan Acar Ketimun di Aduk Rata
Bahan Ukuran
Ketimun, dibuang bijinya, Dipotong-potong 3 buah
Garam 1/2 sendok teh
Gula pasir 1 sendok teh
Cuka 1 sendok teh
Bahan Pelengkap
Bahan Ukuran
Emping goreng 100 gram

Cara Membuat Mie Aceh

  1. Tumis bumbu, panaskan minyak terlebih dahulu. kemudian tumis sampai harum bumbu yang sudah dihaluskan kemudian ditambah dengan bawang merah dan bawang putih.
  2. Masukkan beberapa bahan seperti kol, tomat dan tauge. Aduk sehingga terlihat layu.
  3. Tambahkan juga mie, kecap manis, garam, ayam, merica, gula serta cuka. Aduk lagi hingga tercampur. Kemudian masukkan air kaldu yang sudah di buat. Masak hingga matang dan bumbunya meresap.
  4. Sebelum di angkat masukkan terlebih dahulu daun bawang. Aduk sebentar dan angkat.
  5. Mie aceh siap untuk disajikan, sebagai bahan pelengkap tambahkan acar ketimun dan emping goreng.
Hidangan dalam mangkuk sajian yang begitu spesial membuat anda lebih lahap. Apalagi hasil buatan sendiri pasti ada rasa khas tersendiri. silakan anda coba di dapur andalan bunda masing-masing. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda terutama yang sedang bingung mencari resep mie aceh. Demikian selamat mencoba dan semoga berhasil.

Anda juga bisa mencoba resep lainnya seperti..
cara membuat bakpao dan resep lidah kucing