Resep Cara Membuat Macaroni Schotel Panggang Yang Mudah Sederhana - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Macaroni Schotel Panggang Yang Mudah Sederhana

Resep Cara Membuat Macaroni Schotel Panggang Yang Mudah Sederhana

Makaroni schotel merupakan makanan yang terbuat dari makaroni yang direbus kemudian di beri keju, smooked beef dan telur. Perpaduan bahan-bahan yang pas membuat makaroni semakin lezat dan sempurna. Kelezatan dan kelembutan macaroni schotel semakin mantap dengan macaroni yang direbus terlebih dahulu pada artikel ini akan dibahas resep macaroni schotel dan cara membuat macaroni schotel.

Makaroni schotel termasuk makanan yang masuk dalam kategori pasta dan populer di kalangan masyarakat. Kalau di Indonesia terkenal dengan macaroni schotel sedangkan di luar negeri seperti Amerika sering disebut dengan Macaroni and Cheese. Selain itu rasa yang gurih ini dihasilkan dari isinya kalau anda mau berkreasi.

resep macaroni schotel,macaroni schotel panggang,cara membuat macaroni schotel

Untuk kreasi isi bisa di sesuaikan dengan kreativitas anda. sebagai contoh salah satu isi yang bisa dipakai seperti daging cincang, sayuran, ayam asap atau menggunakan keju saja juga bisa. Untuk menikmati macaroni schotel itu lebih enak ketika malam hari. Apalagi ditambah dengan saus cabai akan terasa begitu mantap dan pedas. Makanan ini sering kali menjadi pilihan yang menyenangkan.

Anda bisa menikmati menu ini di berbagai tempat seperti rumah makan, resto atau tempat-tempat yang memang menyediakan menu macaroni schotel. Selain itu apabila anda ingin lebih irit dan kreatif sebaiknya buat sendiri di rumah. Karena kali ini kita akan berbagi resep macaroni schotel dan cara membuatnya lengkap. Tentu anda penasaran, berikut siapkan bahan-bahan yang diperlukan.

Resep Macaroni Schotel

Bahan Ukuran
Mentega tawar 20 gram
Bawang bombay di cincang halus 1/2 buah
Tepung terigu 30 gram
Susu cair 300 ml
Makaroni pipa di rebus matang 100 gram
Smoked beef di iris halus 5 lembar
Keju cheddar parut 50 gram
Garam 1 1/4 sendok teh
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Pala bubuk 3/4 sendok teh
Telur di kocok lepas 3 butir
Bahan Taburan
Bahan Ukuran
Keju cheddar di parut panjang 100 gram

Cara Membuat Macaroni Schotel

  1. Panaskan mentega untuk menumis bawang bombay. Tumis bawang hingga harum dan wangi. Setelah itu masukkan tepung terigu dan aduk hingga terbentuk gumpalan.
  2. Berikutnya masukkan susu cair secara perlahan, sedikit demi sedikit, di aduk hingga licin. Selanjutnya masukkan bahan utamanya yaitu makaroni schotel dan smoked beef. Aduk kembali hingga rata dan tercampur dengan baik.
  3. Berikutnya masukkan beberapa bumbu perasa seperti garam, merica bubuk, keju cheddar parut dan telur yang sudah di kocok. Aduk kembali sampai tercampur.
  4. Olesi pinggan dengan mentega, olesi sedikit saja dan tipis yang penting tidak kering. Pakai pinggan yang tahan panas kurang lebih tingginya ½ cm, ukuran diameter bawah 18 dan atas 21 cm itu sudah cukup. Karena terlalu besar nantinya juga tidak baik untuk hasilnya.
  5. Selanjutnya proses pengovenan akan dilakukan, gunakan suhu yang cukup sekitar 170 derajat celcius. Pengovenan dilakukan hingga setengah matang, rendam juga pada sedikit air.
  6. Selanjutnya beri taburan keju pada macaroni shcotel setelah itu di oven kembali hingga matang kurang lebih 20 menit. Angkat dan siap untuk disajikan.
Malam hari semakin menyenangkan dengan makan macaroni schotel. Resep macaroni schotel dibuat untuk 16 porsi saja. Resep seperti ini perlu untuk di coba untuk jaga-jaga di malam hari. Cara membuatnya juga sangat mudah. Hanya perlu mencoba dan mencoba. Lumayan bisa buat camilan keluarga pas berkumpul bersama. Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Lihat juga artikel menarik lainnya...
cara memasak cumi asam manis dan resep kroket kentang