Resep Cara Membuat Kroket Kentang Udang - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Kroket Kentang Udang

Resep Cara Membuat Kroket Kentang Udang

Kroket kentang mempunyai cita rasa yang pas dan pedas..

Salah satu resep kentang yang pas dan mantap adalah kroket kentang. Resep kroket terbuat dari kentang sebagai bahan utama. Kroket berbentuk bulat lonjong yang dibalut dengan tepung dan digoreng. Selain itu rasanya juga enak dan mantap. Kalau suka pedas bisa perbanyak porsi cabainya.

Kroket sebagai pengganti makan, pada umumnya anda makan nasi untuk kenyang. Anda bisa mengganti makan atau sebagai bekal untuk mengganjal lapar. Sehingga kroket kentang sangat cocok bagi anda karena mengandung karbohidrat. Selain itu juga tidak terlalu ribet, mengurangi porsi makan dan kadar zat gula tidak terlalu banyak.

resep kroket kentang,resep kroket,kroket kentang,cara membuat kroket,cara membuat kroket kentang

Kroket sebagai bekal, mungkin anda termasuk orang yang sering bepergian atau berlibur. Untuk berlibur biasanya dalam perjalanan membutuhkan makanan yang pas. Apabila begitu, kroket bisa menjadi solusi anda. selain itu kroket juga bisa dijadikan bekal anak untuk pergi ke sekolah. Sehingga anak tidak perlu jajan ke sana kemari sehingga makanan sehat masih bisa di kontrol oleh ibu tersayang. Sehingga anak akan ceria dan lebih sayang terhadap ibunya.

Sepertinya ada sudah penasaran bagaimana cara membuat kroket kentang. Mari kita simak bersama, sengaja ingin berbagi tips untuk resep kroket. Beberapa bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya adalah sebagai berikut:

Resep Kroket Kentang

Bahan Kulit
Bahan Ukuran
Kentang kukus yang dihaluskan 500 gram
Susu bubuk 2 sendok makan
Garam 1/2 sendok teh
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Pala bubuk 1/4 sendok teh
Margarin 1 sendok makan
Minyak goreng secukupnya
Bahan Isi
Bahan Ukuran
Margarin 1 sendok makan
Bawang bombay dicincang kasar 1/2 buah
Paprika hijau dipotong kotak kecil 1/2 buah
Udang kupas dicincang kasar 150 gram
Garam 1/2 sendok teh
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Saus tomat 1 sendok makan
Saus sambal 1/2 sendok makan
Air 20 ml
Bahan Pelapis
Bahan Ukuran
Tepung panir oranye halus 150 gram
Bahan Pencelup
Bahan Ukuran
Telur dikocok lepas 2 butir

Cara Membuat Kroket Kentang

  1. Untuk membuat kroket kita buat bahan isi. Panaskan margarin pada wajan, tumis paprika serta bawang bombay hingga wangi harum. Setelah itu masukkan udang tunggu beberapa saat dan aduk hingga warna udang berubah.
  2. Selanjutnya tambahkan beberapa bahan seperti garam, merica bubuk, saus sambal serta tomat pada tumisan. Tambahkan air tunggu hingga meresap bumbu meresap.
  3. Selanjutnya membuat bahan kulit. Untuk membuatnya campurkan susu bubuk, garam, merica bubuk, kentang, pala bubuk dan margarin. Aduk hingga tercampur rata.
  4. Kroket di bentuk, untuk membentuk adonan kroket ambil sedikit kulit yang sudah dibuat kemudian beri isi dan bentuk seperti bulanan lonjong.
  5. Setelah selesai adonan yang sudah di bentuk di gulingkan di atas tepung panir. Celupkan ke adonan telur dan gulingkan lagi pada tepung panir. Sehingga tepung panir dapat menempel pada adonan dengan baik dan sempurna.
  6. Selanjutnya siap untuk di goreng. Goreng adonan hingga matang, gunakan api sedang sehingga tidak mudah gosong. Apabila matang angkat dan siap untuk disajikan.
Resep kroket ini dibuat untuk 20 buah. Silakan kreasikan sendiri kroket ini dengan bahan-bahan lain yang sekiranya cocok untuk resep kroket. Selain mudah di buat sendiri di rumah, kreativitas anda akan bertambah apabila sering berlatih. Demikian semoga sedikit tips resep kroket kentang ini bisa bermanfaat buat anda, semoga sukses dan selamat mencoba.

Lihat juga artikel menarik ini...
cara memasak udang saus tiram dan resep cumi asam manis