Resep Bumbu Ikan Bakar Kecap Mujaer - RESEP DAPUR KOKI

Resep Bumbu Ikan Bakar Kecap Mujaer

Resep Bumbu Ikan Bakar Kecap Mujaer

Ikan bakar, merupakan salah satu olahan makanan sea food. Ikan pada umumnya di goreng namun, akan terasa lebih mantap ketika di bakar. Resep ikan bakar sudah banyak tersedia di resto atau tempat makan pada umumnya yang menyajikan menu ikan.

Ikan bisa anda dapatkan di pasar namun, akan terasa pas apabila anda pergi ke petani ikan sekalian. Karena selain ikan yang di dapatkan masih segar. Ada juga mengetahui bahwa ikan yang anda konsumsi memang layak untuk di makan.

kesep ikan bakar,bumbu ikan bakar,resep ikan bakar kecap

Ikan menjadi salah satu potensi kuliner yang banyak tersebar di Indonesia. karena memang kita mempunyai wilayah laut yang sangat luas. Tentu saja banyak nelayan yang bisa menghasilkan ikan dengan baik.

Beberapa jenis ikan yang anda gunakan untuk di bakar biasanya gurame, lele dan beberapa ikan lainnya. Akan tetapi pada kesempatan ini saya akan coba menggunakan ikan mujaer. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membuat resep ikan bakar yaitu pemilihan ikan yang tepat. Selain itu pengolahan bumbu yang pas, dan terakhir proses pemanggangan.

Pastikan ketiga syarat di atas di penuhi dengan baik sehingga hasilnya memuaskan. Karena sudah tidak sabar ingin segera menyantapnya, ayo sekarang di buat.. SIAP?...

Siapkan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan berikut ini. Bumbu juga tidak terlalu sulit dan mayoritas bumbu yang digunakan seperti garam, gula, jeruk nipis dan beberapa bumbu pendukung lainnya. Simak berikut ini.

Resep Ikan Bakar

Bahan Ukuran
Ikan mujaer ukuran kecil 5 ekor
Air jeruk nipis 1 sendok makan
Garam 3/4 sendok teh
Gula pasir 1/2 sendok teh
Minyak untuk menumis 5 sendok makan
Garam 3/4 sendok teh
Air asam jawa yang dibuat dari 1 sendok teh asam jawa dan 2 sendok makan air 1 sendok makan
Kecap manis 4 sendok makan

Bumbu Ikan Bakar

 Dihaluskan :
Bahan Ukuran
Cabai merah keriting 6 buah
Cabai rawit merah 2 buah
Bawang merah 8 butir
Bawang putih 2 siung
Ketumbar 2 sendok teh
Jahe 2 cm

Cara Membuat Ikan Bakar Kecap

  1. Hilangkan amis pada ikan dengan menggunakan perasan jeruk nipis yang sudah disiapkan. Ambil tempat kemudian taruh ikan mujaer dan di atasnya beri garam ditambah dengan perasan jeruk nipis. Diamkan beberapa saat hingga cairan jeruk bekerja kurang lebih 20 menit.
  2. Membuat bumbu, sambil ikan di diamkan buat bumbunya dengan menumis beberapa bumbu yang sudah dihaluskan di atas. tambahkan juga air asam jawa kemudian aduk-aduk hingga rata. Selain itu beri juga dengan gula pasir, kecap manis dan garam. Aduk kembali dan matikan apinya.
  3. Ikan yang sudah didiamkan di beri bumbu yang baru saja di buat. Apabila sudah dicampur diamkan kembali kurang lebih hingga kurang lebih 20 menit.
  4. Tahap pembakaran sudah siap, apabila ikan sudah didiamkan maka kita siap untuk membakarnya. Ambil ikan olesi dengan sisa bumbu yang ada. Bakar ikan sampai harum dan matang.
  5. Ikan bakar sudah siap untuk dihidangkan.

Ikan bakar merupakan makanan yang banyak diminati di masyarakat. Contohnya pada saat berkumpul bersama atau ada acara biasanya pas menggunakan menu yang satu ini. Ikan bakar memang tiada duanya. Aromanya juga menggoda selain itu bisa menambah atau memperkokoh kerja sama karena cara pembuatannya juga bisa beramai-ramai.

Demikian tips kali ini tentang resep ikan bakar kecap. Semoga bisa menjadi referensi, bermanfaat. Tentu saya sangat senang sekali. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Sesekali coba resep lezat ini...
ayam bakar taliwang dan resep bakwan jagung