Resep Cara Membuat Donat Kentang Empuk Spesial Lembut Yang Bikin Lidah Bergoyang - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Donat Kentang Empuk Spesial Lembut Yang Bikin Lidah Bergoyang

Resep Cara Membuat Donat Kentang Empuk Spesial Lembut Yang Bikin Lidah Bergoyang

Resep donat kentang, menjadi pilihan dan topik kali ini karena donat mempunyai ciri khas yang unik. Pertama kali terlintas dalam benak ketika mengingat donat kentang yaitu pada bentuknya yang seperti cincin. Bentuk yang seperti itu merupakan ciri khas dari donat walaupun memang di jaman sekarang ada donat yang tidak berlubang di tengahnya.

Bentuknya menjadi daya tarik tersendiri banyak kalangan anak-anak dan dan masyarakat suka dengan donat. Cara membuatnya juga sangat mudah yaitu hanya dibuat dan dibentuk dengan tangan sudah bisa jadi. Memang butuh latihan dan ketelatenan beberapa buah adonan untuk hasil yang maksimal.

donat kentang,resep donat kentang,cara membuat donat kentang,cara buat donat kentang,cara bikin donat kentang,resep membuat donat kentang,resep donat kentang empuk

Donat kali ini sedikit berbeda dengan biasanya yaitu menggunakan kentang sebagai bahan utama. Dengan menggunakan kentang sehingga donat kentang yang dihasilkan akan terasa lebih empuk, lembut dan enak. Selain itu kentang mempunyai banyak kandungan dalamnya yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga perpaduan antara bahan-bahan yang digunakan menjadi lebih spesial. Kentang kaya akan karbohidrat, vitamin, mineral dan antioksidan sehingga baik untuk dikonsumsi.

Mungkin sahabat juga pernah membuat donat kentang di rumah namun, tidak menggunakan kentang sebagai campuran di dalamnya. Nah, kali ini kita akan coba buat sendiri di rumah. Sengaja berbagai resep buat para sahabat agar juga bisa menikmati donat kentang. Tekstur yang dihasilkan dari donat yang menggunakan kentang ini lebih empuk sehingga ketika dimakan akan terasa lembut dan enak.

Resep Donat Kentang

Bahan Ukuran
Tepung terigu protein tinggi 400 gram
Tepung terigu protein sedang 100 gram
Susu bubuk 15 gram
Kentang kukus yang sudah di haluskan 200 gram
Telur 1 butir
Air 200 ml
Garam 1 sendok teh
Margarin 50 gram
Minyak padat untuk menggoreng secukupnya
Gula pasir 35 gram
Ragi instan 1 bungkus
Topping
Bahan Ukuran
Buttercream 150 gram
Keju parut 100 gram

Cara Membuat Donat Kentang

  1. Untuk mendapatkan donat kentang yang enak dan lembut pertama yaitu dengan menghaluskan bahan yang digunakan seperti tepung terigu dan susu bubuk. Ayak atau saring tepung terigu dan susu bubuk sehingga halus.
  2. Siapkan tempat untuk membuat adonan masukkan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, ragi instan, dan kentang yang di uleni hingga merata. Tambahkan air secara perlahan dan masukkan sedikit demi sedikit dan diuleni hingga kalis.
  3. Garam dan margarin ditambahkan kemudian di uleni sehingga bentuknya elastis. Apabila sudah bisa didiamkan sejenak kurang lebih hingga 20 menit.
  4. Selanjutnya membuat bentuk donat dengan cara menimbang kurang lebih masing-masing 1 buah donat dibutuhkan adonan kurang lebih sekitar 40 gram. Ditimbang di sini tujuannya agar donat yang dihasilkan merata tidak ada yang kebesaran dan kekecilan. Lubangi pada tengah adonan dengan menggunakan tangan dan pipihkan.
  5. Siapkan loyang untuk meletakkan adonan donat yang telah jadi kemudian ditaburi tepung terigu dan diamkan kurang lebih setengah jam hingga adonan donat mengambang.
  6. Selanjutnya tahap penggorengan, siapkan minyak secukupnya goreng adonan donat hingga matang kemudian angkat dan dinginkan.
  7. Terakhir mengolesi donat dengan buttercream tipis-tipis saja beri juga taburan keju agar lebih mantap.

Donat kentang sudah jadi dan siap untuk di makan resep yang begitu sederhana bisa menjadi andalan. Donat selain sebagai makanan, camilan juga bisa dijadikan bekal semisal pergi ngantor, traveling, liburan dan piknik sehingga lebih menikmati aktivitas sahabat. Demikian tips resep donat kentang ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga resep semenarik ini...
resep kue nastar dan resep sate maranggi