Resep Roti Manis Coklat Lembut Empuk dan Ekonomis - RESEP DAPUR KOKI

Resep Roti Manis Coklat Lembut Empuk dan Ekonomis

Resep Roti Manis Coklat Lembut Empuk dan Ekonomis

Kali ini kita akan membuat roti, roti manis dan enak. Bicara roti banyak sekali kita temui ketika keluar rumah di berbagai toko banyak sekali yang menjual roti. Mulai dari toko peracangan sampai toko yang memang mengkhususkan untuk menu roti.

Roti macamnya banyak sekali, tentu kali ini kita akan mencoba membuat roti sendiri. Jadi tidak hanya beli saja yang bisa namun, cara membuat roti manis juga bisa diandalkan. Tentu anak dan keluarga juga akan suka kalau bundanya pintar memasak dan membuat kue. Siapa tahu juga roti manis yang anda buat bisa dijadikan bisnis jualan roti.

Roti memang banyak peminatnya, seperti kita lihat berbagai jualan roti sudah menyebar di berbagai daerah mulai di toko hingga di mall. Roti juga bisa dijadikan pengganti misalnya sarapan. Karena di di dalam roti terdapat kandungan karbohidrat dan menyehatkan. Apalagi kalau dimakan dengan susu pasti lebih mantap.

resep roti manis

Tentu untuk membuat roti manis yang harus diperhatikan adalah hasilnya. Hasilnya harus berkualitas dan mantap. Empuk, lembut sehingga lebih enak ketika dimakan. Memang itu merupakan tantangan dalam membuat roti. Namun, jangan takut selama kita mempunyai kemauan yang keras dan terus berlatih roti akan jadi. Memang untuk pembuatan pertama kali mungkin tidak sesempurna yang sudah terlatih.

Untuk itu kami sajikan ulasan tentang resep roti manis berikut ini. Silakan anda simakan apabila tertarik ingin membuat roti sendiri di rumah. Baca hingga habis.

Resep Roti Manis

Bahan Ukuran
Tepung terigu protein tinggi 500 gram
Gula pasir 100 gram
Susu bubuk 10 gram
Ragi instan 1 bungkus
Telur 1 butir
Air es 275 ml
Margarin 75 gram
Garam 1 1/2 sendok teh
Bahan Olesan di Kocok Lepas
Bahan Ukuran
Telur 1 butir
Susu cair 1 sendok makan
Bahan Isi
Bahan Ukuran
Keju cheddar parut 50 gram
Susu bubuk 15 gram
Tepung terigu protein sedang sangrai dengan api kecil 5 menit 50 gram
Gula tepung 30 gram
Margarin 25 gram

Cara Membuat Roti Manis

  1. Buat isinya terlebih dahulu, bahan isi yang sudah disiapkan seperti di atas kemudian di aduk hingga membentuk butiran kasar. Kemudian sisihkan.
  2. Siapkan wadah untuk mencampur bahan seperti tepung terigu, susu bubuk, gula pasir dan ragi instan. Kemudian aduk rata. Masukkan juga telur dan air perlahan sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga kalis.
  3. Selanjutnya tambahkan garam dan margarin. Uleni lagi hingga kalis dan diamkan kurang lebih sampai setengah jam.
  4. Ambil timbangan kemudian, kempiskan adonan, timbang dengan ukuran 30 gram dan bentuklah bulatan. Agar mengembang diamkan kurang lebih hingga 10 menit.
  5. Adonan yang sudah di bulatkan tadi kemudian dipipihkan untuk di beri isian. Bentuk bulatan lagi dengan sempurna.
  6. Siapkan loyang, olesi margarin terlebih dahulu agar tidak lengket. Masukkan adonan yang sudah dibulatkan. Diamkan lagi hingga kurang lebih 45 menit / sampai mengembang.
  7. Selanjutnya olesi adonan dengan bahan olesan yang sudah di buat seperti di atas.
  8. Tahap terakhir pengovenan, pengovenan dilakukan dengan suhu mencapai 190 derajat celcius. Oven roti hingga matang, kurang lebih membutuhkan waktu 12 menit.
  9. Roti manis siap untuk disajikan.
Adonan tersebut untuk 30 buah roti manis. Untuk mendapatkan kualitas yang maksimal memang perlu memperhatikan bahan. Bahan harus di pilih dengan selektif misalnya saja pada bahan utamanya yaitu tepung. Gunakan tepung yang berkualitas baik sehingga hasilnya tidak mengecewakan. Selain itu anda juga perhatikan bahan-bahan lainnya.

Saya rasa tidak terlalu sulit untuk resep roti manis ini. Silakan di coba semoga berhasil silakan share apabila bermanfaat.

Baca dan coba juga resep menarik lainnya..
cara membuat mie aceh dan resep kue pukis