Resep Bumbu Sayur Lodeh Terong - RESEP DAPUR KOKI

Resep Bumbu Sayur Lodeh Terong

Resep Bumbu Sayur Lodeh Terong

Lodeh terong sebagai teman lontong atau bisa juga untuk makan dengan nasi membuat makanan sehari-hari terasa lebih pas..

Makan tanpa sayur rasanya kurang pas, ketika makan di tenggorokan agak sulit masuk dan di cerna. Hal itu disebabkan karena tidak ada makanan pendukung seperti sayuran. Beberapa olahan sayuran yang sering kita konsumsi setiap harinya adalah sayur lodeh. Sayur lodeh menemani makan kita begitu pas dengan suasana yang begitu nyaman.

Salah satu sayur lodeh yang populer adalah lodeh terong. Lodeh terong ini menjadi salah satu olahan sayur lodeh yang banyak digemari oleh masyarakat kita. terbukti apabila bertamu atau melihat menu kita atau tetangga kita, tidak jarang lodeh terong menjadi andalan untuk menemani makan setiap hari. Di samping itu memang ada lauk-lauk lain juga yang melengkapinya.

Memilih lodeh terong sebagai menu andalan tidaklah salah karena memang bahan utamanya mudah di dapat juga relatif murah. Beli 3 ikat saja sudah lebih dari cukup untuk menu makan keluarga untuk satu hari.

lodeh terong,resep lodeh terong,bumbu lodeh terong

Resep lodeh terong identik dengan kuahnya yang menggunakan santan. Santan yang di olah dan dicampur dengan bumbu lodeh terong akan menghasilkan makanan yang begitu lezat. Tidak jarang di antara kita atau salah satu dari keluarga kita begitu menyukai masakan ini.

Lodeh terong bisa dimakan juga dengan ikan laut dan tambahan sambal. Rasanya yang begitu istimewa akan membuat anda tidak sabar ingin segera menyantapnya. Apalagi anda suka pedas memang terasa pas sekali dan cocok bagi anda. Namun, berbicara mengenai lodeh terong apakah anda juga sering menyajikannya di rumah. Ada yang sering ada juga yang jarang. Bahkan, ada yang tidak sama sekali. Untuk itu kali ini khusus sharing kali ini mengenai resep lodeh terong dan bagaimana membuat bumbu lodeh terong yang begitu sedap. Silakan simak berikut ini.

Resep Lodeh Terong

Bahan Ukuran
Terung hijau dibelah dua memanjang dan dipotong-potong 4 buah
Buah melinjo 50 gram
Kacang panjang dipotong 3 cm 4 lonjor
Daun melinjo 25 gram
Cabai hijau besar dipotong 1 cm 2 buah
Cabai merah besar dipotong 1 cm 2 buah
Daun salam 2 lembar
Lengkuas dimemarkan 2 cm
Santan dari 11/2 butir kelapa 500 ml
Santan encer dari perasan santan kental 1.500 ml

Bumbu Lodeh Terong

Bumbu Halus
Bahan Ukuran
Bawang merah 5 butir
Bawang putih 3 siung
Terasi goreng 1 sendok teh
Kemiri disangrai 3 butir
Garam 2 sendok makan
Gula merah sisir 1 sendok makan
Pelengkap
Bahan Ukuran
Lontong 7 buah
Krupuk udang 7 buah

Cara Membuat Lodeh Terong

  1. Buat kuahnya terlebih dahulu dengan merebus santan encer yang dicampur dengan bumbu halus seperti di atas, cabe hijau besar, daun salam, cabe merah besar kemudian lengkuas. Yang kesemuanya tersebut di masak hingga mendidih.
  2. Berikutnya masukkan melinjo yang dimasak hingga matang.
  3. Ambil santan kental kemudian tuangkan dan aduk hingga rata. Sambil di aduk terus masak hingga mendidih. Sayuran siap di masukkan, masukkan kacang panjang, dan terongnya. Masak hingga matang.
  4. Terakhir masukkan rebon serta daun melinjo. Masak hingga matang. angkat dan sajikan.
Resep ini kurang lebih untuk 7 porsi, anda bisa menggunakan jenis terong yang ada di pasaran. Terdapat beberapa jenis ada yang ijo, ada yang ungu. Sesuaikan saja dengan selera anda dan keluarga tercinta. Lodeh terong menemani kita di saat makan bersama terasa begitu istimewa. Demikian sharing kali ini, semoga bisa bermanfaat, silakan bisa di coba sendiri di rumah dan semoga berhasil.

Baca juga resep lainnya...
cara membuat puff pastry dan resep sosis bakar