Resep Cara Membuat / Bumbu Sayur Asem Jakarta Enak Sederhana - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat / Bumbu Sayur Asem Jakarta Enak Sederhana

Resep Cara Membuat / Bumbu Sayur Asem Jakarta Enak Sederhana

Perpaduan sayur asem Jakarta dengan ikan asin dan sambal semakin makyuss...

Sayur asem Jakarta disebut juga sayur asem Betawi, di Indonesia memang banyak sekali masakan yang berupa sayur asem antara lain seperti sayur asem ikan, sayur asem kangkung dan yang akan di bahas kali ini adalah sayur asem Jakarta yang merupakan sayur yang dibuat oleh variasi orang Betawi di Jakarta.

Sayur asem Jakarta semakin mantap ketika dimakan dengan ikan asin, ayam goreng dan sambal terasi. Perpaduan yang begitu menggoda dan maknyus. Sepertinya sudah menjadi syarat apabila kurang di antara salah satu dari ketiga teman sayur asem, rasanya kurang pas.

resep sayur asem,cara membuat sayur asem,bumbu sayur asem,resep sayur asem Jakarta

Sayur asem mempunyai rasa yang khas. Rasanya manis dan asem, rasa ini membuat segar di mulut ketika di makan. Ditambah dengan sambal akan terasa sedap sekali.

Sayur asem Jakarta dibuat dengan beberapa bahan utama. Bahannya juga mudah di dapatkan di pasar sehingga sayur asem mudah untuk di buat sendiri di rumah. beberapa bahan utama yang sering digunakan yaitu jagung, labu siam, kacang panjang, belimbing, melinjo, nangka muda.

Sayur asem juga sering dibuat sebagai lauk makanan sehari-hari. Selain itu juga bisa buat acara kecil-kecilan seperti reuni bersama teman-teman. Seiring perkembangan sayur asem, sayur asem Jakarta juga mengalami variasi misalnya sayur asem di padukan dengan iga sapi. Karena kali ini khusus membahas sayur asem Jakarta berikut ini bumbu sayur asem.

Resep Sayur Asem Jakarta

Bahan Ukuran
Daging tetelan 150 gram
Daun salam 2 lembar
Lengkuas yang dimemarkan 2 cm
Melinjo 50 gram
Kacang tanah direbus ditumbuk kasar 50 gram
Garam 1 1/2 sendok makan
Gula pasir 1/2 sendok makan
Jagung manis dipotong-potong 1 buah
Daun Melinjo 20 gram
Air 2.500 ml
Kacang panjang, dipotong-potong 5 lonjor
Pepaya muda dipotong-potong 50 gram
Labu siam dipotong-potong 100 gram
Nangka muda dipotong-potong 150 gram
Asam Jawa dan 4 sendok makan air dilarutkan 20 gram
Bumbu Halus
Bahan Ukuran
Bawang merah 6 butir
Bawang putih 4 siung
Terasi dibakar 1 1/2 sendok teh
Kemiri disangrai 5 butir

Cara Membuat Sayur Asem

  1. Merebus air dan daging tetelan hingga mendidih. Kemudian memasukkan beberapa bumbu yang dibutuhkan seperti daun salam, bumbu halus di atas, dan lengkuas. Semua dimasak hingga harum.
  2. Apabila sudah masak tambahkan kacang tanah, nangka muda, jagung manis, dan melinjo yang dimasak hingga setengah matang.
  3. Masukkan juga beberapa bahan yaitu labu siam, larutan asam jawa, garam, pepaya muda, dan gula pasir. Tunggu atau masak beberapa lama hingga mendidih. Selanjutnya tambahkan juga kacang panjang dan daun melinjo. Masak hingga benar-benar matang. apabila sudah bisa diangkat dan di sajikan.
Demikian resep sayur asem Jakarta dan cara membuat sayur asem Jakarta. Sayur ini dibuat untuk 7 porsi sehingga cukup buat keluarga. apabila kurang banyak silakan di sesuaikan lagi ukuran bumbu dan bahan yang dibutuhkan. Sekian resep kali ini semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga sukses.

Baca juga resep yang juga lezat seperti..
resep sop buntut sapi dan resep martabak manis