Resep Cara Membuat Opor Ayam Mudah Enak Spesial - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Opor Ayam Mudah Enak Spesial

Resep Cara Membuat Opor Ayam Mudah Enak Spesial

Walaupun bukan lebaran, kita juga bisa menikmati opor ayam...

Bagi anda pecinta kuliner tidak perlu menunggu lebaran untuk menikmati opor ayam. Ngapain nunggu, kalau opor ayam bisa anda buat sendiri di rumah asalkan tahu resepnya. Kali ini ingin berbagi tentang resep opor ayam dan cara membuat opor ayam.

Opor ayam sering kali menjadi favorit masyarakat. Tentu saja opor ayam ini akan lebih populer dan ramai ketika hari raya. Setahun sekali itu lama, menurut saya kalau hanya ingin menikmati lezatnya opor ayam. Dan saya putuskan untuk membuat sendiri, jadi bisa lebih kreatif.

Selain sebagai menu spesial di hari raya, anda juga bisa mencobanya atau menyajikan ketika ada acara di rumah anda misalnya seperti reuni, acara-acara baik formal maupun non formal. Opor ayam bisa menjadi pilihan makanan yang berkuah yang spesial. Opor ayam dibuat dengan daging ayam kemudian di campur dengan beberapa tambahan seperti lontong atau ketupat.

resep opor ayam,cara membuat opor ayam

Opor ayam merupakan makanan yang terbuat dari olahan daging ayam dan berkuah. Kuah yang dihasilkan oleh opor ayam menggunakan santan yang cukup kental di campur dengan berbagai bumbu sehingga lezat dan terasa banget bumbunya.

Resep opor ayam biasanya juga dilengkapi dengan tempe. Tempe menjadi pelengkap di campur dengan kuah sehingga begitu nikmat. Tempe yang dipotong kecil kotak-kotak akan lebih terasa ketika dimakan bersama opor ayam. Ada mungkin sudah tidak sabar ingin segera menikmati opor ayam buatan sendiri, untuk itu silakan simak resep opor ayam berikut ini.

Resep Opor Ayam

Bahan Ukuran
Ayam broiler dan potong 10 bagian 1 ekor / 1 kg
Daun salam 2 lembar
Lengkuas di memarkan 2 cm
Jahe di memarkan 2 cm
Serai di memarkan 3 batang
Garam 3 1/2 sendok teh
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Gula merah 2 sendok teh
Santan encer dari sisa perasan santan kental 750 ml
Santan kental dari 1 butir kelapa 250 ml
Minyak untuk menumis 2 sendok makan
Bumbu Halus
Bahan Ukuran
Bawang merah 12 butir
Bawang putih 3 siung
Kemiri di sangrai 4 butir
Kunyit di bakar 2 cm
Ketumbar sangrai 2 sendok teh
Jintan 1/8 sendok teh

Cara Membuat Opor Ayam

  1. Siapkan minyak untuk menumis bumbu yang telah di haluskan di atas, tambah daun salam, jahe, lengkuas dan serai. Tumis hingga harum.
  2. Masukkan daging ayam, aduk dan tunggu hingga beberapa lama dan warnanya mulai berubah.
  3. Selanjutnya tambahkan santan yang encer. Aduk kembali. Jangan lupa masukkan juga bumbu perasa seperti garam, merica bubuk, serta gula merah. aduk beberapa kali hingga santan meresap dalam daging ayam.
  4. Berikutnya tambahkan santan kental. Dan masak hingga mengental. Angkat dan sajikan.
Dibuat untuk 10 porsi, benar bukan, tanpa nunggu hari raya kini anda sudah bisa menikmatinya. Kelezatan opor ayam membuat anda tidak tahan. Demikian resep opor ayam, silakan bisa anda coba sendiri. Opor ayam, untuk bahan daging ayam anda bisa memilihnya sendiri. Pilih dengan kualitas yang bagus, lebih enak lagi kalau menggunakan daging ayam kampung. Itu tadi sedikit resep untuk berbagi, semoga bermanfaat, semoga berhasil dan selamat mencoba.

Resep yang bisa anda coba juga di rumah...
kue semprit dan resep lontong sayur padang