Resep Cara Membuat / Memasak / Bumbu Capcay - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat / Memasak / Bumbu Capcay

Resep Cara Membuat / Memasak / Bumbu Capcay

Tidak perlu ke resto, kalau anda bisa buat capcay sendiri di rumah...

Semakin kreatif, mempunyai inovasi baru, dan pintar masak merupakan nilai plus yang harus di acungi jempol. Mengapa begitu, keluarga akan semakin lengket, dengan anak juga semakin dekat bahkan bisa bermain dan belajar bersama. Salah satu topik yang sengaja kita angkat kali ini adalah resep capcay.

Mengapa capcay, karena capcay mempunyai banyak peminatnya. Bahkan anda dan keluarga tidak jarang menyukai masakan yang satu ini. Bukan begitu, atau jangan-jangan sudah pernah buat sendiri di rumah ya. kalau begitu, itu sangat bagus namun, apabila belum pernah coba silakan bisa baca artikel cara memasak capcay ini hingga habis.

Sebelum kita benar-benar memulai masak, tahukan anda apa itu capcay, capcay merupakan masakan yang sebagian besar bahan utamanya menggunakan sayur-sayuran. Beberapa macam sayuran di campur jadi satu hingga disebut capcay. Kalau di tindak lanjuti ada yang bilang bahwa capcay itu terdiri kurang lebih hingga 10 jenis sayuran. Namun, saya rasa bisa lebih bisa kurang dari itu karena perkembangan jaman dan variasi capcay yang sekarang semakin bertambah.

Capcay sendiri aslinya bukan berasal dari Indonesia. Melainkan dari Cina, yang di bawa oleh para pedagang terdahulu. Sehingga lama kelamaan capcay juga berkembang di Indonesia. Hingga sekarang menjadi salah satu makanan yang sangat diminati oleh masyarakat kita. Selain itu apabila anda sebagai pecinta kuliner atau vegetarian, capcay sangat cocok bagi anda.

resep capcay,cara memasak capcay,resep capcay goreng,bumbu capcay

Mungkin anda juga penasaran kenapa di beri nama capcay, capcay konon memiliki arti dalam bahasa Cina. Cap yang artinya 10. Jadi jenis sayuran yang terdapat pada capcay kurang lebih 10 jenis. Untuk bumbu yang digunakan juga tidak terlalu sulit dan bisa di dapat di pasar terdekat seperti wortel, kembang kol, merica, saus tiram dan lain sebagainya.

Selain di atas, apabila capcay dilihat dari kandungannya, capcay banyak sekali manfaatnya. Berbagai jenis kandungan ada dalam resep capcay. Capcay mempunyai nutrisi dan gizi yang berlimpah yang ada dalam sayuran. Saran untuk memasak capcay yaitu jangan terlalu matang agar nilai / kandungan gizi masih tetap ada. Masak hingga ¾ matang saja sehingga rasa sayurnya juga renyah.

Sepertinya anda sudah tidak sabar ingin segera mencoba cara memasak capcay. Ok, kalau begitu ayo mulai. Beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum membuat capcay yaitu mencari bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Resep Capcay

Bahan Ukuran
Wortel yang diiris miring 150 gram
Jagung putren yang diiris miring 50 gram
Kembang kol yang dipotong per kutum 200 gram
Jamur kuping direndam dan dipotong-potong 3 lembar
Caisim diiris 3 batang
Paha ayam fillet diiris tipis 100 gram
Bakso sapi diiris tipis 4 buah
Bawang bombay diiris panjang 1 buah
Bawang putih dicincang kasar 3 siung
Saus tiram 1 sendok makan
Kecap ikan 1/2 sendok makan
Garam 1/2 sendok teh
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Gula pasir 1/2 sendok teh
Kaldu ayam bubuk 1/4 sendok teh
Tepung sagu dilarutkan dengan 2 sendok makan air 1 sendok makan
Daun bawang dipotong miring 1 batang
Minyak wijen 1/2 sendok teh
Air 300 ml
Minyak goreng untuk menumis 2 sendok makan

Cara Memasak Capcay

  1. Pertama, panaskan minyak untuk menumis bawang putih dan bawang bombay. Tumis keduanya hingga harum.
  2. Setelah itu masukkan ayamnya, tumis beberapa lama hingga berubah warna.
  3. Selanjutnya anda bisa tambahkan jagung putren, kembang kol, jamur kuping, wortel dan bakso. Tumisa hingga layu.
  4. Berikutnya masukkan saus tiram, kecap ikan, garam, merica bubuk, gula pasir, caisim, dan terakhir kaldu ayam. Aduk hingga rata agar tercampur dengan baik.
  5. Tuangkan air dan tambahkan larutan tepung sagu secara perlahan agar tidak langsung kental. Masak hingga mendidih, meletup dan aduk hingga kental dan matang.
  6. Setelah itu terakhir masukkan daun bawang dan minyak wijen. Aduk hingga rata.
Resep di atas untuk 4 porsi, capcay bisa dihidangkan dan dinikmati bersama keluarga. sebenarnya waktu yang pas makan capcay yaitu pada sore atau di malam hari. Cara di atas saya rasa begitu mudah hanya perlu beberapa langkah saja sudah jadi capcay. Selain itu waktu yang dibutuhkan untuk membuat capcay tidak terlalu lama kurang lebih 20 menit sudah jadi.

Capcay enak dimakan dengan acar timun, selain itu anda juga bisa berkreasi dengan masakan capcay misalnya campurannya ditambah dengan daging, dan berbagai bahan lain yang masih mendukung. Demikian tips kali ini semoga bermanfaat, selamat berkreasi, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Selain capcay yang lezat ada juga resep menarik lainnya seperti...
cara membuat perkedel jagung dan resep seblak basah