Cara Membuat Sambel Tomat Terasi Pedas Mantap - RESEP DAPUR KOKI

Cara Membuat Sambel Tomat Terasi Pedas Mantap

RESEP CARA MEMBUAT SAMBAL TOMAT TERASI PEDAS

sambel tomat, saya kira sambal ini merupakan menu wajib untuk anda makan...

Banyak orang yang suka dengan sambal tomat, karena memang mungkin mereka suka dengan pedas. Jadi makan tanpa sambal rasanya ada yang kurang. Apalagi di tambah dengan pelengkap seperti kerupuk yang kriuk-kriuk pasti lahap banget..

Ada juga yang tidak suka dengan sambal, beberapa alasan mungkin mereka tidak makan sambal karena lagi sakit atau tidak diperbolehkan oleh dokter dan mengurangi makanan pedas. Atau memang pada dasarnya tidak suka pedas atau tidak kuat dengan pedas. Jadi sekali makan sambal langsung bingung cari minum. Ada juga yang seperti itu..

Cara Membuat Sambel Tomat Terasi Pedas Mantap

Entah anda termasuk orang yang suka dengan sambel tomat atau tidak. Akan tetapi menurut saya mayoritas masyarakat Indonesia suka dengan sambal. Sambel tomat sering kali menjadi sesuatu yang sudah biasa dan sebagai pendamping lauk pauk kita sehari-hari..

Selain itu kepopuleran sambel tomat yaitu ketika lagi males masak. Mungkin beli tempe kemudian digoreng dan buat sambel tomat kemudian dimakan. Itupun sudah enak, bahkan dari kesederhanaan sambel tomat anda pasti sering membuatnya..

Tidak hanya itu, coba anda perhatikan di sekitar anda. Sambel tomat sudah menjamur bahkan di warung-warung rata-rata menu yang ditawarkan yaitu ayam goreng, tempe goreng, tahu goreng dan sambal tomat sebagai pendukungnya. Mungkin itu sudah menjadi keharusan dari sambal tomat yang pedas..

Sambal tomat sendiri mempunyai banyak varian, mulai dari sambal tomat mentah, sambal tomat pedas, sambal tomat terasi, sambal tomat hijau, sambal tomat rebus dan masih banyak lagi. Tinggal anda ingin membuat sambal tomat yang seperti apa..

Kalau saya perhatikan sambal tomat biasanya yang populer dibuat dengan dua varian yaitu sambal tomat menggunakan bawang dan tanpa bawang. Berikut ini cara membuat sambel tomat dengan bawang...

Resep Sambel Tomat

Bahan Ukuran
Tomat ukuran besar 2 buah
Cabe merah 5 buah
Bawang merah 3 siung
Bawang putih 2 siung
Garam 1/2 sendok makan
Gula pasir 1/2 sendok makan
Terasi 1 sendok teh
Minyak untuk menggoreng Secukupnya

Cara Membuat Sambel Tomat

  1. Panaskan minyak secukupnya kemudian goreng tomat, cabe, bawang merah dan bawang putih hingga layu. Kemudian angkat.
  2. Goreng terasi usahakan hingga harum.
  3. Ulek semua bahan yang sudah digoreng jangan lupa untuk menambahkan gula pasir dan garam.
  4. Cicipi apabila sudah pas siap untuk disajikan.
Anda juga bisa membuat sambel tomat tanpa bawang merah dan bawang putih. Caranya sama saja Cuma tanpa bawang..

Selain itu ada juga sambal tomat rebus jadi bahan dari sambal tomat tidak di goreng melainkan direbus..

Untuk menggoreng sambal tomat usahakan sebelum menggoreng cabe di pecah dulu agar tidak meletus..

Menurut saya yang mempengaruhi enaknya sambal tomat terdapat pada terasi yang digunakan. Usahakan anda bisa memilih terasi dengan kualitas yang bagus. Kalau bisa terasi khas asal daerah tertentu karena itu yang membedakan sambal tomat anda dengan sambal tomat orang lain..

Tanpa sambal tomat memang rasanya anda yang kurang, sudahkah anda membuat sambal tomat hari ini...

Sambal yang tidak kalah enak lainnya coba juga ya..