Resep Cara Membuat Roti Tawar Lembut - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Roti Tawar Lembut

Resep Cara Membuat Roti Tawar Lembut

Roti Tawar, Pastinya anda pernah menyantap roti tawar dengan selai, gula pasir, susu, sirup atau juga di makan dengan isian buah kemudian di bakar atau di panggang. Apabila “ya” berarti sama saya juga pernah melakukan salah satu hal yang sama tersebut.

Sering kali kebiasaan tersebut di lakukan mungkin salah satu alasannya adalah simpel di buat camilan. Atau anda memang orang sibuk yang mempunyai sedikit waktu sehingga waktu sarapan pagi bisa di ganti dengan roti tawar dengan kreasi.

Selagi makan, mungkin anda juga pernah berpikir bagaimana cara membuat roti tawar sendiri. Bagi anda yang kreatif tentu sudah mengetahui cara membuatnya. Dan ternyata cara membuat roti tawar tidaklah sulit.

Resep Cara Membuat Roti Tawar Lembut

Saya rasa selama ini anda pasti terbiasa membeli roti tawar yang ada di pasaran. Kalau anda bisa membuatnya sendiri, hal ini akan menjadi keuntungan bagi anda mengingat masa kadaluwarsa roti tawar sangatlah dekat.

Silakan di coba percaya diri saja dan pastikan roti tawar buatan anda lebih enak dan nikmat. Anda akan tahu betapa nikmatnya menyantap roti tawar yang baru keluar dari oven. Aroma dari bahan-bahan roti tawar sangat menggoda di sajikan dengan teh hangat pasti sangat pas sekali.

Bagi anda yang sudah tidak sabar dan penasaran dengan resep roti tawar perhatikan berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu di persiapkan sekaligus cara pembuatan roti tawar. Simak baik-baik...

Resep Roti Tawar

Bahan Ukuran
Tepung terigu protein tinggi 500 gram
Gula pasir 50 gram
Ragi instan 2 sendok teh / 6 gram
Susu bubuk 25 gram
Air es 315 ml
Mentega putih 50 gram
Garam 1 1/2 sendok teh / 7,5 gram

Cara Membuat Roti Tawar

  1. Siapkan tempat untuk mencampur bahan yang di perlukan yaitu tepung terigu, susu bubuk, gula pasir dan ragi instan aduk rata. Tambahkan air es perlahan sambil di uleni dan terasa kalis.
  2. Selanjutnya masukkan mentega putih, garam dan di uleni hingga terasa elastis. Setelah itu diamkan sebentar kurang lebih setengah jam.
  3. Apabila sudah, adonan di kempiskan kemudian di bagi menjadi empat bagian untuk di bulatkan. Diamkan kurang lebih sepuluh menit.
  4. Selanjutnya adonan di giling memanjang. Kemudian di gulung dan digiling lagi memanjang dengan arah berlawanan. Gulung lagi dan lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
  5. Setelah adonan di bentuk maka siap untuk di oven. Siapkan loyang dan letakkan roti tawar pada loyang kurang lebih dengan ukuran 30x12x12 cm yang sudah di olesi dengan margarin dan diberi alas kertas roti. Tutup loyang hingga ¾ bagian.
  6. Selanjutnya diamkan selama satu setengah jam hingga setinggi ¾ loyang. Tutup rapat loyang dan diamkan kurang lebih hingga 10 menit.
  7. Terakhir adonan roti siap di oven pastikan suhunya pas sekitar 190 derajat celcius dan oven hingga matang.
  8. Angkat roti tawar dan siap untuk di sajikan.
Dengan membuat roti tawar sendiri anda bisa mengkreasikan sesuai dengan keinginan dan kreativitas anda. Dengan begitu hasil modifikasi anda siap sebagai sajian keluarga dan jangan lupa untuk menyajikan daging sebagai pelengkap untuk dimakan dengan roti.

Dalam membuat roti tawar anda juga bisa berkreasi dengan roti seperti...

Resep Roti Manis Coklat Lembut Empuk dan Ekonomis