Resep Sate Buntel Kambing Khas Solo - RESEP DAPUR KOKI

Resep Sate Buntel Kambing Khas Solo

Resep Sate Buntel Kambing Khas Solo

Sate buntel, sate unik yang lain dari sate biasanya. Keunikannya sudah bisa terlihat dari penampilannya. Kalau sate biasa menggunakan daging yang di potong kemudian di tusuk dengan tusuk sate dan di bakar.

Lain halnya dengan sate buntel, sate ini menggunakan daging kambing yang di cincang kemudian di buntel. Di buntel maksudnya di bungkus dengan lemak kambing dan kemudian di bakar layaknya sate lainnya. Bumbu utama dari sate buntel ini adalah kecap manis dan merica.

Sate buntel di gemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Selain itu, kepopulerannya juga di barengi dengan wali kota solo yang terpilih menjadi presiden. Karena memang sate buntel ini adalah salah satu makanan favorit wali kota sehingga sate buntel ini semakin melonjak peminatnya.

sate buntel, resep sate buntel, sate buntel solo

Sebenarnya, sate buntel terlahir dari kreativitas serta inovasi dari masyarakat miskin yang ingin menikmati sate sehingga tercipta sate buntel. Sekarang sate buntel ini menjadi salah satu makanan atau kuliner kota solo. Jadi bagi anda yang melewati solo atau mampir ke sana jangan lupa untuk menikmati sajian kulinernya.

Untuk dapat menikmati sate buntel anda bisa ke daerah Lojiwetan, Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah. Di sana terdapat warung sate buntel yang ramai pengunjung. Hanya dengan harga 37 ribu anda sudah bisa menikmati sate ini dalam 1 porsi.

Bagi anda yang belum sempat menikmati atau bepergian ke kota solo. Saran saya jangan patah semangat anda juga bisa membuatnya sendiri. Berbagai informasi sudah bisa di dapatkan dengan sangat mudah. Salah satunya adalah artikel ini yang sengaja mengupas tentang resep sate buntel. Untuk itu anda bisa sajikan di rumah dengan menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

Resep Sate Buntel

Bahan Ukuran
Daging kambing cincang 500 gram
Kecap Manis 2 sendok makan
Tusuk sate 20 batang
Tepung roti 3 sendok makan
Bawang putih cincang 2 siung
Telur ayam kocok rata 1 butir
Daun bawang iris tipis 1 batang
Minyak goreng 2 sendok makan
Serai Secukupnya
Bumbu Halus
Bahan Ukuran
Bawang merah 4 butir
Garam 1 1/2 sendok teh
Ketumbar sangrai 1/2 sendok teh
Lada putih bubuk 1 sendok teh
Sambal Kecap
Bahan Ukuran
Cabe rawit iris tipis 6 buah
Kecap Manis 4 sendok makan
Bawang merah iris tipis 6 butir
Kecap asin 1 sendok makan
Jeruk limau di belah dua 1 buah

Cara Membuat Sate Buntel

  1. Siapkan dan panaskan minyak untuk menumis bawang putih hingga wangi. Bumbu halus di masukkan di tumis hingga matang. kemudian angkat.
  2. Campur bumbu tumis degan daging cincang, telur, tepung roti serta bawang. Kemudian aduk rata hingga semua tercampur dengan sempurna.
  3. Ambil adonan daging sedikit kemudian di bentuk kepalan dan tusuk dengan serai sambil dipadatkan. Kemudian di kukus kurang lebih 5 menit dan angkat.
  4. Sate di bakar sampai matang dan warnanya kecokelatan kemudian angkat.
  5. Terakhir buat sambalnya dengan mencampur kecap manis serta bahan lainnya.
  6. Sekarang sate dan sambal sudah siap untuk disajikan.

Sate buntel memiliki ciri khas tersendiri anda harus menikmatinya. Karena sajian ini memang enak sekali. Jarang-jarang bisa menikmati sate seperti ini anda bisa menikmatinya dengan bumbu sambal kecap yang sudah di sebutkan di atas.

Kami harap informasi ini bisa memberikan manfaat bagi anda yang ingin menikmati sate buntel. Semoga bermanfaat selamat mencoba di rumah.