Resep Cara Membuat Kue Pukis Coklat Enak Istimewa - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Membuat Kue Pukis Coklat Enak Istimewa

Resep Cara Membuat Kue Pukis Coklat Enak Istimewa

Kue pukis, kue ini sudah lama ada dan sampai sekarang masih eksis dan berkembang. Tidak jarang kita temui di berbagai acara mulai dari acara kecil sampai acara besar. Pada umumnya kue pukis masih sering di jajakan oleh penjual di pinggir jalan yang menjual khusus kue. Kue ini masih banyak diminati oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Kue pukis cocok di makan kapan saja, waktu santai, buat bekal perjalanan, buat camilan dan lain sebagainya. Kue ini juga enak apabila di sajikan dengan minuman hangat seperti teh hangat, susu hangat. Selain itu anda juga bisa berkreasi misalnya makan kue pukis dengan di taburi meses di atasnya pasti lebih enak.

resep kue pukis,kue pukis,resep pukis,cara membuat kue pukis,cara membuat pukis,pukis president university,pukis presuniv,resep kue cubit

Kue pukis merupakan kue tradisional yang tergolong dalam jenis kue basah yang memiliki tekstur yang empuk dan lembut. Beberapa kue pukis yang terkenal sampai saat ini adalah kue pukis khas Bangka dan Banyumas. Kue yang khas ini memiliki bentuk yang unik yaitu setengah lingkaran. Selain itu mungkin anda juga bisa berkreasi dengan bentuk lainnya agar lebih menarik.

Beberapa variasi toping yang sering dikombinasikan dengan kue pukis seperti coklat, keju, bahkan potongan pisang kenapa tidak kalau memang membuat anda merasa pas. Nah, kali ini khusus ingin sharing tentang resep kue pukis dan cara membuat kue pukis sehingga anda bisa membuat dan menikmati kue pukis sendiri bersama keluarga tercinta. Untuk itu simak ulasan berikut ini.

Resep Kue Pukis

Bahan Ukuran
Ragi instan 1 sendok teh
Air hangat 50 ml
Telur 3 butir
Garam 1/4 sendok teh
Gula pasir 125 gram
Tepung terigu protein sedang 225 gram
Santan dari 1/2 butir kelapa 150 ml
Margarin dilelehkan 15 gram
Esens vanili 1/4 sendok teh
Cokelat pasta 1/8 sendok teh

Cara Membuat Kue Pukis

  1. Siapkan air hangat untuk melarutkan ragi. Masukan ragi instan kemudian diamkan kurang lebih hingga 10 menit dan terlihat berbusa.
  2. Buat adonannya dengan mencampur beberapa bahan yang dibutuhkan seperti telur, garam, gula pasir hingga mengembang. Selanjutnya siapkan tepung yang telah di ayak sebelumnya kemudian masukkan tepung dalam adonan. Kocok perlahan agar tercampur gunakan kecepatan rendah selain itu masukkan juga santan secara bergantian.
  3. Ragi instan yang telah di buat tadi kemudian di masukkan dalam adonan. Kocok kembali secara perlahan. Setelah itu diamkan kurang agar mengembang kurang lebih setengah jam.
  4. Selanjutnya masukkan margarin serta esens vanili. Aduk lagi hingga rata kemudian ambil adonan kurang lebih 2 sendok dan tambahkan coklat.
  5. Siapkan cetakan, panaskan terlebih dahulu dan jangan lupa olesi juga dengan margarin. Tuang adonan yang telah siap.
  6. Pada bagian atasan beri juga dengan sedikit adonan yang telah di campur dengan coklat. Tutup kembali dan biarkan matang.
  7. Kue pukis siap untuk di sajikan.
Demikian resep pukis ini, dibuat untuk 21 buah, untuk lebih mantap anda bisa menaburkan toppingnya pada saat pukis setengah matang agar bisa meresap dan nikmat karena ikut di panggang. Selain itu jangan sampai gosong perhatikan pada bagian pinggirnya, apabila warnanya mulai berubah coklat segeralah angkat. Semoga artikel ini dapat membantu anda, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca dan coba juga resep menarik ini..
resep kue lidah kucing dan resep mie aceh