Resep Cara Memasak Cumi Asam Manis Sederhana - RESEP DAPUR KOKI

Resep Cara Memasak Cumi Asam Manis Sederhana

Resep Cara Memasak Cumi Asam Manis Sederhana

Cumi dapat mencegah osteoporosis, mengapa begitu?..

Selain udang, cumi merupakan makanan seafood yang populer dan banyak diminati oleh kalangan masyarakat kita. Cumi mempunyai kandungan kalsium yang tinggi sehingga dapat membantu mencegah pengeroposan tulang pada tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi cumi secara rutin dapat membantu mencegah anda dari osteoporosis. Hal ini sangat baik bagi kesehatan mengingat pentingnya asupan kalsium untuk pertumbuhan dan juga menguatkan tulang.

Dari itu, kita kali ini akan belajar cara memasak cumi asam manis yang enak. Resep cumi asam manis merupakan salah satu dari olahan resep cumi yang bisa anda buat sendiri. Cumi menjadi salah satu makanan primadona masyarakat. Siapa yang tidak menyukai cumi, saya rasa hampir semua orang suka kecuali mereka yang memang memiliki pantangan untuk makan cumi / alergi.

resep cumi asam manis,cara memasak cumi asam manis

Kepopuleran cumi di Indonesia bisa dilihat dari menu makanan yang terdapat di rumah makan maupun resto di daerah anda. Tentu saja dari beberapa tempat tersebut terdapat menu hidangan cumi sebagai andalan.

Cumi memiliki rasa yang enak, empuk, gurih, cara mengolahnya tidak begitu sulit. Selain itu cumi mempunyai karakter terdapat tinta hitam dalam tubuhnya. Anda penasaran dengan resep cumi ini, segera siapkan bahan-bahan yang di butuhkan. Beberapa bahan yang dibutuhkan antara lain sebagai berikut :

Resep Cumi Asam Manis

Bahan Ukuran
Cumi ukuran sedang 1 1/2 kg
Saus tomat 200 gram
Saus sambal 4 sendok makan
Air jeruk nipis 2 sendok teh
Bawang bombay di cincang halus 1 buah
Bawang putih di cincang halus 4 siung
Garam 1 sendok makan
Gula pasir 1 sendok teh
Margarin yang di lelehkan 2 sendok makan
Kecap manis 4 sendok teh

Cara Memasak Cumi Asam Manis

  1. Ambil lidi, sematkan pada cumi masukkan mulai dari kepala hingga badan. Sematkan semua hingga habis kemudian sisihkan.
  2. Buat bumbunya dengan mencampur beberapa bahan seperti air jeruk nipis, bawang bombay, bawang putih, garam, gula pasir, kecap manis, margarin, saus tomat dan terakhir saus sambal.
  3. Cumi tadi siap dimasukkan dalam bumbu dan diamkan hingga kurang lebih selama 60 menit dan letakkan pada lemari es.
  4. Cumi siap untuk di bakar, sambil diolesi bumbu bakar hingga matang dan harum. Bolak-balik dan angkat.
  5. Cumi siap untuk di sajikan.
Demikian resep cumi asam manis ini dibuat untuk 8 porsi, selain cumi memiliki manfaat yang begitu banyak. Cumi bisa disajikan secara nikmati di rumah sebagai sajian buat keluarga tercinta. Silakan apabila anda tertarik dan ingin masak cumi bisa lihat bahan dan cara membuat cumi di atas. semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga sukses.

Selain resep seperti di atas ada juga resep yang tidak kalah menarik seperti...
cara membuat udang asam manis dan resep udang saus tiram