Resep / Bumbu Krengsengan Ayam / Sapi / Kambing Jawa Timur - RESEP DAPUR KOKI

Resep / Bumbu Krengsengan Ayam / Sapi / Kambing Jawa Timur

Resep / Bumbu Krengsengan Ayam / Sapi / Kambing Jawa Timur

Bingung akhir pekan mau masak apa, krengsengan aja !!

Bingung mau masak apa, coba resep krengsengan saja. Pada umumnya apabila kita sering ke warteg tidak jarang terdapat menu krengsengan yang di suguhkan di depan mata. Selain menu lainnya, krengsengan banyak diminati oleh masyarakat kita. Apalagi anda memang sering makan di warteg pasti pernah dong makan krengsengan.

Tampilannya yang begitu sederhana mampu menarik perhatian anda. Krengsengan menjadi ciri khas tersendiri karena kesederhanaannya. Selain itu krengsengan memang merupakan makanan khas orang Jawa. Seiring perkembangannya, krengsengan menyebar ke berbagai daerah dan sekarang mulai ramai seperti di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Resep krengsengan selain populer di warteg. Masyarakat kita sering mengolah resep krengsengan ketika musim daging seperti perayaan Idul Adha dan Idul Fitri. Selain itu, mungkin pada perayaan dan acara-acara hari besar lainnya. Namun tidak jarang, terkadang juga bisa menjadi pilihan menu untuk week end seru bersama keluarga tercinta.

resep krengsengan, krengsengan daging sapi, bumbu krengsengan

Krengsengan mempunyai ciri khas menggunakan petis sebagai bahannya. Menggunakan petis akan lebih menyengat dan kuat aromanya. Tentu krengsengan cocok sekali bagi anda yang juga suka pedas. Karena dengan tambahan pedas membuat krengsengan semakin maknyus.

Sepertinya anda ingin mencoba resep krengsengan ini di rumah. Jangan khawatir untuk itu sengaja kami berbagi tips tentang resep krengsengan dan bagaimana cara membuat krengsengan yang mantap. Silakan simak beriku ini, baca hingga habis.

Resep Krengsengan

Bahan Ukuran
Daging kambing berlemak / daging sapi / daging ayam 500 gram
Air 100 ml
Kecap Manis berkualitas 5 sendok makan
Petis udang 2 sendok makan
Cabe merah biasa di potong serong 3 buah
Cabe rawit hijau di potong serong 3 buah
Minyak untuk menumis 3 sendok makan
Tomat di potong kasar 2 buah
Bumbu halus
Bahan Ukuran
Bawang putih 2 siung
Bawang merah 3 butir
Cabe rawit 5 buah
Cabe merah biasa 3 buah
Lada putih bubuk 1/2 sendok teh
Bahan Pelengkap Hidangan
Bahan Ukuran
Emping goreng 100 gram
Bawang goreng secukupnya

Cara Membuat Krengsengan

  1. Daging yang sudah di siapkan kemudian di cuci dan di campur dengan beberapa bumbu seperti kecap manis, bumbu halus di atas dan petis udang.
  2. Siapkan minyak untuk menggoreng kemudian masak daging hingga beberapa lama. Gunakan api kecil agar daging dapat matang dengan sempurna.
  3. Tambahkan juga sedikit air kemudian aduk beberapa lama hingga air / kuah mengering.
  4. Selanjutnya anda dapat memasukkan beberapa bahan yang diperlukan seperti cabe merah, tomat dan cabe hijau. Aduk kembali hingga bumbu meresap dan tercampur dengan baik. Angkat.
Resep krengsengan untuk 4 porsi, demikian cara membuat krengsengan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa mainkan juga pada dagingnya misalnya direndam dalam air nanas sehingga empuk, dan mantap. Selain itu anda bisa variasi sendiri di rumah dengan kreativitas anda.

Oke sekian dari kami semoga krengsengan bisa menemani week end ceria anda. selamat mencoba, semoga bermanfaat dan semoga berhasil. Praktek ya.

Baca juga artikel yang tidak kalah menarik seperti ini...
cara membuat kari ayam dan resep kwetiau goreng